logo


Yakin Pengen ke Korea? 5 Hal-hal Ekstrim ini Bakal Batalkan Minatmu Kesana.

Simak terlebih dahulu

5 September 2019 22:34 WIB

bullying in Korea
bullying in Korea Duniaku

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak hal-hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan atau pun lingkungan sekitar kita. Begitu halnya dengan komik, novel,cerpen, film, serial drama atau pun fiksi-fiksi lainnya. Bahkan, kita pun bisa mengambil pelajaran dari sebuah puisi yang sulit dimengerti.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita pelajari tentang budaya dan gaya hidup masyarakat Korea berdasarkan webtoon dan drama korea.

1. Bullying


Inilah 5 Komik Webtoon Terbaik dari Berbagai Genre, Gak Baca Nyesel!

Apabila di Jawa kita mengenal istilah Mbak, Mas, Njenengan, Kawula, Bapak, dan sapaan-sapaan lain yang menunjukan tingkat kekerabatan dan jabatan, maka di Korea pun ada istilah Hyung, Eonnie, Dongsaeng, dan lain sebagainya. Karena sapaan yang harus digunakan untuk menunjukan status dan jabatan, maka bullying bukan hal yang harus diperdebatkan di Korea. Seperti memang sudah hal wajar bila yang cantik membully yang tidak cantik, yang kaya membully yang miskin, yang berjabatan tinggi berlaku semena-mena pada bawahannya, yang kuat membully yang lemah, dan masih banyak lagi contoh kasusnya. Contoh kasus bullying itu sendiri dapat ditemukan di webtoon korea seperti, Lookism, Gangnam Beauty, Cewekku Galak, Study Group dan beberapa webtoon asal Korea yang umumnya bergenre drama atau romance. Bullying juga banyak ditemukan di beberapa drama Korea seperti Dream High 1, Dream High 2, Be Melodramatic, dan beberapa drakor bernuansa romance lainnya.

2. Stalker

Dunia hiburan Korea memang menarik mata penduduk dunia. Tak heran bila di Korea banyak ditemukan penguntit berbahaya yang sangat fanatik kepada idola mereka. Istilah stalker yang satu ini dikenal di Korea dengan nama Sasaeng. Sasaeng akan terus memantau idola mereka dari sang idola bangun tidur bahkan sampai memejamkan mata. Para sasaeng bisa memantau lewat akun media sosial pribadi sang idola, bisa juga langsung dari lokasi kejadian. Namun, sasaeng bisa juga sampai membunuh idolanya dengan alasan terlalu ngefans dengannya. Contoh kasus ini bisa ditemukan di webtoon berjudul Killstagram, It's mine dan beberapa webtoon bergenre horror. Sementara Be Melodramatic merupakan salah satu drama korea yang mencerminkan kasus ini. Memang tidak diceritakan secara detail. Namun, cerita dari Kim Do Yeon mampu mewakili hal ini.

3. Alkohol

Mungkin, di Indonesia, mengkonsumsi minuman beralkohol adalah hal yang tidak baik karena tidak sesuai dengan norma agama atau norma dan adat masyarakat setempat, namun di Korea minuman beralkohol adalah perantara melekatkan hubungan yang harmonis, antar teman, atau teman sekantor. Justru tak baik bila menolak ajakan untuk minum alkohol walaupun tak sedikit pula warga Korea yang akan menghormati bila ada yang menolak ajakan tersebut dengan alasan kesehatan atau pun prinsip hidup. Semua drama korea bahkan menunjukan adegan minum alkohol. Begitu pun dengan webtoon adaptasi Korea. Hanya webtoon bertema anak sekolah yang tidak.

4. Berhubungan Pra Nikah

Hubungan pra nikah di Indonesia akan melanggar agama, norma dan UU yang berlaku. Hal ini bertolak belakang dengan Korea yang justru menganggap hal ini sangatlah wajar. Drama-drama korea juga kerap mengisahkan asmara yang melibatkan hal ini. Begitu halnya dengan webtoon, seperti We Just Broke Up, My Lucky Romance, Be My Father dan beberapa diantaranya dengan genre romance.

5. Penampilan No.1

Mengingat penampilan adalah tuhan mereka, maka tak heran bila operasi plastik merupakan suatu keharusan bagi warga Korea khususnya publik figurnya. Menurut mereka, dengan berpenampilan menarik maka masyarakat akan menerimanya seperti dijauhkan dari bullying. Mereka juga percaya bahwa dengan berpenampilan menarik mereka akan mendapatkan kekasih idaman sesuai kriteria mereka. Salah satu webtoon yang menceritakan tentang hal ini adalah Gangnam Beauty yang berhasil dibuat serial drama korea dengan judul My ID is Gangnam Beauty.

Walaupun demikian, namun warga Korea sangat menghormati dan menghargai orang lain terutama warga asing. Mereka juga pekerja keras dan berdaya saing tinggi.

Relase Poster Drama Korea "Rookie Historian Goo Hae Ryung", Wajib Ditonton?

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin