logo


Akhir Tahun 2020, Kementerian PUPR Optimis Tol Cisumdawu Bakal Rampung

Simak berita selengkapnya

5 September 2019 21:53 WIB

Danang Parikesit tinjau pembangunan Tol Cisumdawu
Danang Parikesit tinjau pembangunan Tol Cisumdawu ist

JAWA BARAT, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit saat meninjau Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) optimis akhir tahun 2020, Tol Cisumdawu rampung.

"Kami optimis akhir tahun 2020, Tol Cisumdawu bisa rampung. Untuk arus mudik 2020, Seksi 1-3 diharapkan sudah bisa dilalui fungsional, yakni sampai Sumedang. Pada Lebaran tahun 2019, juga sudah kita buka, namun hanya sampai terowongan di Rancakong," kata Danang melalui keterangan tertulisnya yang Jitunews terima, Kamis (5/9).

Baca Juga: Bantu Petani Panen Tomat, Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad: Kemanunggalan TNI-Rakyat


Pagu Anggaran Rp120,21 T, Kementerian PUPR Selesaikan Bendungan dan Bangun Irigasi

TNI Gelar Latihan Gabungan 2019, Panglima TNI Berpesan, "Saya Yakin Kalian...."

Dalam pembangunan jalan tol ini, ada dua kendala yakni soal pembebasan lahan dan medan yang berat berupa kawasan lembah perbukitan dengan lintasan kritis 1 km.

Kementerian PUPR bekerja sama juga dengan Pemprov Jawa Barat, Pemkab Sumedang, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengatasi permasalahan pembebasan lahan.

"Terdapat lintasan kritis sekitar 1 km berupa pekerjaan galian setinggi 70  meter yang masih terdapat lahan yang belum bebas dan saat ini akan dilaksanakan eksekusi konsinyasi yang ditargetkan dalam waktu dekat ini, volume galian tersebut masih 5 juta m3 sehingga memakan waktu yang cukup lama," tambahnya.

Kementerian PUPR Lanjutkan Bangun Jalan Perbatasan dan Akses Kawasan Wisata

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata