logo


TNI Gelar Latihan Gabungan 2019, Panglima TNI Berpesan, "Saya Yakin Kalian...."

Simak berita selengkapnya

5 September 2019 20:19 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat memimpin Apel Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satgas Pamtas RI-RTDL Sektor Timur, bertempat di lapangan Batalyon Infanteri Raider 142/Ksatria Jaya, Jambi, Jumat (26/7/2019)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat memimpin Apel Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satgas Pamtas RI-RTDL Sektor Timur, bertempat di lapangan Batalyon Infanteri Raider 142/Ksatria Jaya, Jambi, Jumat (26/7/2019) Puspen TNI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Panglima Komando Lintas Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. yang menjabat sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) ikut dalam apel gelar pasukan Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2019 di Dermaga Madura, Ujung Mako Armada II TNI AL Surabaya, Kamis (5/9/2019).

Kolinlamil mengerahkan 2 unsurnya, yaitu KRI Banda Aceh 593 yang BKO Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib) dan KRI Teluk Bintuni 520 dibawah kendali Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Baca Juga: Soal Kenaikan Iuran BPJS, JK: Itu Iuran BPJS Terlalu Murah Dibanding....


Kasum TNI Tutup Kejuaraan Panglima TNI Cup 2019

Jokowi Ingin Gelar Sayembara Nama Ibu Kota Baru, Netizen: Males, Hadiahnya....

Berbagai taktik operasi laut akan diuji dalam latihan ini, selain untuk melihat interoperabilitas alutsista antar matra dalam melaksanakan operasi militer gabungan. Apel Kesiapan Pasukan Latgab TNI 2019 kali ini melibatkan 1.123 prajurit dari 11.823 prajurit yang akan terlibat dalam manuver lapangan dan fire power demo (FPD) yang akan digelar mulai tanggal 9-12 September 2019 mendatang di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Asembagus, Banyuwangi.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kasad menyatakan, semua prajurit TNI yang akan melaksanakan latihan, baik matra darat, laut, maupun udara, pasti sudah siap, karena sudah melaksanakan latihan puncak di tiap matra. “Saya yakin kalian mampu menunjukkan yang terbaik, karena latihan puncak angkatan telah dilaksanakan, seluruhnya berjalan dengan memuaskan,” kata Panglima TNI dalam amanat tertulisnya.

Latgab TNI 2019 dengan sandi “DharmaYudha” mengambil tema, “Komando Gabungan TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.” yang didukung oleh KomandoTugas Udara Gabungan (Kogasudgab), Komando Tugas Gabungan Darat (Kogasratgab), Komandon Tugas Gabungan Laut (Kogasgabla), Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kigasgablinud), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) dan didukung oleh SatuanTugas Dukungan (Satgasduk) Logistik, Komunikasi Elektronika (Komlek), Perang Elektronika (Pernika), Kesehatan dan Pasukan Khusus.

Pada minggu sebelumnya, telah dilaksanakan Geladi Posko di Sesko TNI, Bandung mulai tanggal 26 Agustus s.d. 3 September 2019. Geladi Posko dimaksudkan untuk melatih kesiapan para pelaku latihan dalam merencanakan sebuah operasi militer perang dan mensimulasikannya di atas meja atau lebih dikenal dengan Tactical Floor Game (TFG). Turut hadir pada apel gelar pasukan para pejabat Mabes TNI, Mabesad, Mabesal, Mabesau, dan Pejabat Kotama dari 3 matra.

 

Masyarakat Papua Kagum Saksikan Latihan PPRC TNI tahun 2019

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata