logo


Ternyata Menjadi Petani Cerdas di Era Industry 4.0 Itu Mudah

Berikut ulasannya

5 September 2019 00:31 WIB

Contoh pengambaran green house
Contoh pengambaran green house
dibaca 1119 x

Dengan maraknya perkembangan zaman dan pesatnya pertumbuhan teknologi akan semakin mempermudah pekerjaan manusia terutama pada zaman milineal yang terkenal dengan sebutan era industri 4.0. Dimana pada era ini kita semua dituntut untuk saling bersaing dengan teknologi yang semakin lama semakin berkembang dan canggih, salah satunya terdapat pada bidang pertanian.

Disini para petani akan dipermudahkan dalam berbagai aspek pekerjaan contohnya saja dalam sistem irigasi. Irigasi sendiri merupakan sistem yang digunakan sebagai pengairan pada lahan untuk tanaman yang merupakan faktor penting dalam industri pertanian dan perkebunan.

Sistem irigasi di era industri 4.0 kini tengah amat berkembang, ditambah lagi didukung dengan adanya Automatic Irrigation System yang akan semakin mempermudah pekerjaan bagi para petani dalam memantau jalannya sisitem irigasi.


Metik Kopi yang Tidak Baik Dapat Pengaruhi Cita Rasa Kopi

Irigasi bawah tanah sendiri dimanfaatkan untuk tanah kering dengan sistem kerja yang mengatur kelembaban tanah agar tanah tidak gersang dan dapat kembali lembab sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan pasokan air yang ketersediaannya semakin terbatas yang disebabkan oleh perubahan iklim membuat kebutuhan air untuk kepentingan pertanian akan semakin kompetitif.

Kondisi yang dapat menyebabkan ketidak seimbangan antara kebutuhan dengan ketersediaan air untuk tanaman yang menjadikan tanaman tumbuh tidak secara optimum.

Untuk mengatasi masalah kekurangan air dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi penggunaan air irigasi sangat diperlukan penerapan teknologi irigasi yang efektif dan efisien.

Salah satu cara yaitu dengan sistem irigasi otomatis berbasis mikrokontroller.

Ditulis oleh: Siti Aliatun Marzuqoh

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Sukses Lakoni Bisnis Budidaya Tanaman Hanya dengan Mengikuti Tips Ini

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma