logo


Anies Ikut-ikutan New York Terapkan PKL di Trotoar

Lantaran pernah menamatkan gelar PhD di Amerika, Anies memberikan contoh bahwa Amerika Serikat adalah negara yang berhasil menyediakan trotoar untuk pedagang kaki lima dengan baik

4 September 2019 15:39 WIB

PKL di New York
PKL di New York Media Islamia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Revitalisasi trotoar untuk pejalan kaki dan pedagang kaki lima kian dieprjuangkan Anies. Anies memberikan secercah harapan kepada para pedagang kecil ini atas dasar payung hukum yang melindungi para pedagang kaki lima, yaitu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3 tahun 2014 yang menjelaskan tentang Pedoman Perencaan, Penyediaan serta Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pedagang Kaki Lima di Perkotaan.

"Kan memang fungsi trotoar begitu, bisa dipakai buat para pejalan kaki, bisa juga buat para pedagang kaki lima. Jadi nanti tinggal dibagi wilayahnya," terang Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (4/9).

Selain merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri, alasan Anies memperbolehkan pedagang kaki lima berjualan di trotoar adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 tahun 2002 yang berisi tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL.


BUMN Larang Dinas Lingkungan Hidup Bersihkan Sampah, Anies Ambil Tindakan

"Jadi tidak cuma satu. Banyak rujukan hukumnya. Untuk pengaturan trotoar sebenarnya masih banyak lagi," imbuhnya.

Lantaran pernah menamatkan gelar PhD di Amerika, Anies memberikan contoh bahwa Amerika Serikat adalah negara yang berhasil menyediakan trotoar untuk pedagang kaki lima dengan baik,

"Jangan sampailah anti PKL yang berjualan di trotoar. New York saja mampu mengorganisasi jumlah PKL-nya di trotoar. Kita pun bisa dengan landasan hukum yang ada," pungkasnya.

Kedubes Denmark Dukung Anies Atasi Pencemaran Udara

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin