logo


Soal Ibu Kota Pindah, Mantan Menkeu: Cuma Pengalihan Isu

Fuad menilai rencana pemidahan ibu kota negara itu tidak akan terealisasikan hingga selesainya masa jabatan Presiden Jokowi

4 September 2019 13:23 WIB

Fuad Bawazier
Fuad Bawazier ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Kabinet Pembangunan VII Fuad Bawazier mengatakan rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) yang digagas oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tidak realitis dari aspek kajian.

Dia menilai rencana pemidahan ibu kota negara itu tidak akan terealisasikan hingga selesainya masa jabatan Presiden Jokowi pada tahun 2024 mendatang.

"Tidak realitis dari aspek kajian, apa itu semua tidak realitis, semua sampai jadwalnya. Sampai Jokowi turun juga belum pindah saya rasa," ujar Fuad di Jakarta, Rabu (4/9).


Amien Rais Ramal Rezim Jokowi Jatuh, PDIP: Nggak Usah Dipercaya

Politikus partai Gerindra ini juga mempertanyakan tidak adanya mekanisme pembiayaaan pemindahan ibu kota dalam postur Rancangan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) di tahun 2020.

Atas hal tersebut, Fuad menilai pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kaltim tepatnya ke kebupaten Penajam Pasir dan Kutai Kartanegera hanyalah pengalihan isu semata.

"Jadi saya lihat itu cuma 'move'. Cuma pengalihan isu," tukasnya.

Golkar: Saya Yakin Niatan Pak Amien Terhadap Bangsa Tidak Sekejam Secuplik Ucapannya

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata