logo


Nyesel Baru Tahu, Ternyata Sayuran 'Murah' Ini Punya Segudang Manfaat untuk Ibu Hamil

Sayuran ini sering kita jumpai di pasaran dan kerap diolah sebagai makanan rumahan seperti rawon, soto, atau bahkan gorengan.

4 September 2019 15:30 WIB

Ibu Hamil
Ibu Hamil

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil pada masa kehamilan sangat disarankan karena merupakan salah satu cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Berbagai macam sayuran memiliki manfaatnya sendiri begitu juga dengan sayuran tauge atau kecambah.

Tauge dipercaya sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Tauge sering kita jumpai pada makanan rumahan seperti rawon, soto, atau bahkan gorengan. Lantas, apa saja manfaat tauge untuk ibu hamil?


Tips Diet Tanpa Ribet, Tekan Nafsu Makanmu dengan Cara Ini

1. Mencegah keguguran

Tauge merupakan salah sayuran yang dipercaya bisa mencegah keguguran saat hamil. Dikutip dari doktersehat, hal ini disebabkan karena tauge mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu stabilitas tubuh ibu hamil.

2. Menstabilkan gula darah

Tauge bisa menjadi sayuran alternatif guna mengatur kadar gula di dalam darah sehingga dapat mencegah kamu terkena diabetes. Tauge mengandung kalori yang rendah, dengan kalori yang rendah maka hal itu dapat mengatur berat badan ibu hamil.

Selain itu, tauge juga mengandung lesitin yang dapat membantu menjaga hat kamu agar terhindar dari penumpukan lemak sehingga mengganggu kerja hati dan terhindar dari penyakit liver.

3. Mencegah tumbuhnya bibit kanker

Menurut penelitian, sayuran tauge juga dapat membunuh bibit kanker leukemia, usus besar dan pancreas karena mengandung canavanine. Antioksidan yang terkandung pada sayuran toge juga dapat membunuh bibit kanker yang akan tumbuh pada tubuh, serta serat yang terdapat pada toge berguna untuk membersihkan racun yang terdapat pada tubuh.

4. Melancarkan proses pencernaan

Sayuran toge mengandung banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh, hal ini bermanfaat bagi ibu hamil karena beberapa ibu hamil susah BAB.

5. Menghindari cacat mental

Tauge mengandung asam folat yang baik untuk proses pembentukan DNA pada janin sehingga mencegah anak terlahir dengan cacat mental. Selain itu, karena tauge berasal dari biji-bijian, di mana hal ini adalah asupan yang baik untuk mencegah bayi terlahir cacat fisik.

Perlu diketahui, walaupun tauge memiliki banyak manfaat, tidak ada salahnya menetahui efek yang ditimbulkan ketika berlebihan mengonsumsinya. Bagi seseorang yang alergi terhadap kecambah, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi kecambah karena dapat mempermudah virus lainnya menyerang tubuh.

Tauge yang dijual dipasaran, memiliki kemungkinan mengandung bakteri Salmonella. Infeksi yang disebabkannya dapat menimbulkan gejala sakit perut, diare, sakit kepala, pusing, muntah, dan demam. Selain itu, ada pula risiko tauge terkena bakteri Eschericia coli yang juga dapat menyebabkan infeksi.

Kemungkinan hal itu disebabkan pemilihan biji yang kurang higienis, sanitasi yang kurang baik, ataupun terkontaminasi saat proses tumbuh. Selain itu, kondisi hangat dan lembap selama proses perubahan kacang menjadi tauge juga dapat membantu bakteri tetap hidup.

Nggak Pede Area Betis Berlemak? Lakukan Gerakan Ini untuk Hilangkan Lemak

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu