logo


Gelar Acara Workshop, Mensos: "Ini Adalah Bentuk Kepercayaan..."

Berikut pernyataan lengkapnya

3 September 2019 01:45 WIB

Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita berencana menggelar workshop.

Mensos menyatakan, workshop ini memang merupakan amanat dari Kementerian PAN RB melalui Peraturan Menteri PAN dan RB No. 13 Tahun 2011 yang menjadi acuan dalam penyusunan Road Map Kementerian Sosial. Namun, kata Mensos, kalaupun tidak ada aturan dari Menteri PAN dan RB kegiatan ini tetap harus menjadi perhatian dari Kemensos.

“Bila kualitas kinerja birokrasi baik, maka visi atau cita-cita suatu negara akan lebih mudah dicapai, dan sebaliknya. Syarat keberhasilan suatu negara dalam melaksanakan pembangunan sangat ditentukan oleh kesiapan birokrasinya,” ujar Mensos disela acara Workshop Penguatan agen perubahan, di kompleks Kementerian Sosial, Senin (02/09/2019)


Hadiri Sky Evenue 2019, Mensos Percaya Generasi Muda Mampu Bersaing

“Arti pentingnya dari hadirnya para agen perubahan pada dasarnya adalah kesiapan birokrasi melaksanakan pembangunan. Kuncinya ada pada kualitas birokrat. ASN harus siap berubah menjadi sosok profesional agar tujuan-tujuan negara bisa tercapai,” kata Mensos.

Reformasi birokrasi, kata Mensos, makin relevan sejalan dengan indikasi adanya peningkatan anggaran Kementerian Sosial. Tahun 2015, anggaran Kementerian Sosial sebesar Rp22.455.120.265.000. Tahun 2018 meningkat menjadi Rp43.393.136.929.000, dan tahun 2019 meningkat menjadi Rp58.966.502.006.000. Mensos menyatakan, pada tahun 2020, anggaran Kemensos diperkirakan akan meningkat, dan menjadi yang terbesar kelima di antara kementerian/lembaga.

“Ini adalah bentuk kepercayaan Negara kepada Kemensos. Sejalan dengan itu, juga membutuhkan pengelolaan yang baik, yang mengacu pada prinsip-prinsip tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel. Hal ini sangat dibutuhkan kesiapan kita sebagai pejabat dan birokrat,” kata Mensos menutup pembicaraan kepada awak media.

sebagai informasi bahwa Agen Perubahan merupakan salah satu wujud dalam rangka manajemen pemerintahan untuk menciptakan birokrasi pemerintahan yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, mampu melayani publik secara akuntabel, serta memegang teguh nilai-nilai dasar organisasi dan kode etik perilaku aparatur negara, inilah yang menjadi pedoman Agen Perubahan.

Beredar Isu Jadi Mensos, Yenny Wahid Malah Pilih....

Halaman: 
Penulis : Denys, Raka Kisdiyatma