logo


SDCI Bantah Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang Murni Faktor Alam: Itu Salah Pengemudi

Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia menegaskan bahwa faktor kecelakaan bisa dicegah selama kecepatan itu masih dalam batas wajar.

2 September 2019 17:29 WIB

Kecelakaan di Tol Cipularang
Kecelakaan di Tol Cipularang liputan6.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pihak kepolisian Kabupaten Purwarkata menginformasikan bahwa Tol Cipularang Jalur Jakarta - Bandung ditutup sementara. Hal ini disebabkan kecelakaan beruntun di KM 91 yang menewaskan 6 orang, dan 8 lainnya luka hebat. Tak hanya itu, enam kendaraan di sekitarnya terbakar dari belasan kendaraan yang ada.

"Data masih menunjukan 6 orang meninggal dan 8 orang terluka dalam peristiwa kecelakaan itu," tutur Denden selaku petugas NTMC POLRI pada hari Senin (2/9) tepatnya pukul 14.30 WIB di lokasi kejadian.

Andry Berlianto selaku Instruktur Rifat Drive Labs mengungkapkan bahwa mobil berdimensi tinggi rentan terkena hantanman angin sehingga menyebabkan mobil oleng sampai lepas kendali. Angin yang bertiup dari samping atau yang lebih dikenal dengan istilah cross wind juga dapat memicu kecelakaan beruntun ini. Kondisi Tol Cipularang pun sarat akan cross wind-nya.


Kepolisian Bogor Larang Warga Sebarkan Video Perkosaan Bocah 10 Tahun

"Akibat cross wind, maka kendaraan berdimensi tinggi terpicu untuk menikung dengan kecepatan tinggi sehingga gerak mobil saat menikung pun terganggu, apalagi mengabaikan rambu-rambu lalu lintas," jelas Andry  kepada detikcom pada hari Senin (2/9).

Penjelasan dari Andry spontan dibantah Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Sony menegaskan bahwa faktor kecelakaan bisa dicegah selama kecepatan itu masih dalam batas wajar.

"Selama batas kecepatan masih wajar, kecelakaan bisa dihindari. Kontur jalan, cross wind, dan cuaca bukan faktor utama kecelakaan. Lagipula, Pemerintah bersama regulator sudah menyesuaikan batas kecepatan jalan tol dengan kondisi jalan tol itu sendiri," tegas Sony ke detikcom dari lokasi kejadian, Senin (2/9).

Hingga kini, peristiwa kecelakaan beruntun di Tol Cipularang menjadi trending nomor satu di twitter.

Sahkan UU Kebiri, Kriminolog UI Minta DPR Segera Hapus

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin