logo


Sukses Menumis untuk Para Pemula

Menumis merupakan salah satu cara memasak yang paling mudah

2 September 2019 15:06 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 141 x

Menumis merupakan salah satu cara memasak yang paling mudah. Kunci dari menumis adalah tetap bergerak, aduk tumisan secara berkala agar semua bahan matang dan tidak gosong sebagian. Tinggal tumis semua bahan dan bumbu jadi satu, maka bisa tersajilah makanan untuk seisi rumah.

Meskipun kedengarannya simpel dan mudah tentunya hal ini masih menjadi kesulitan tersendiri jika kamu masih pemula dalam memasak, meskipun begitu kamu tak perlu khawatir dan juga jangan takut untuk mencoba.

ilustrasi


Ini Fungsi Lengkap Keran Bensin Motor yang Belum Kamu Ketahui

Untuk itulah beberapa tips dibawah bisa kamu terapkan ketika menumis bagi kamu yang masih pemula.

Tips agar sukses dalam menumis masakan untuk kamu yang masih pemula.

1. Menggunakan sedikit minyak - Masakan yang ditumis harus menggunakan sedikit minyak. Masakan yang ditumis dengan banyak minyak, tidak akan enak hasilnya.

2. Masukkan bumbu dalam keadaan minyak panas supaya bumbu tidak langu hasilnya. Bumbu yang dimasukkan ke dalam minyak panas akan menghasilkan aroma sedap yang luar biasa.

3. Waktu dalam menumis - Menumis bumbu harus sampai lama dan tercium keharumannya sebelum dimasukkan bahan yang lain. Menumis harus dimulai dari bahan yang paling lama matangnya, diikuti yang paling mudah matang.

4. Perhatikan kadar air - Bila tumisan bumbu berair, maka airnya harus kering dahulu sebelum dimasukkan daging atau sayuran supaya bahan yang dimasukkan kemudian matang karena ditumis, bukan direbus.

5. Terus mengaduk - Selama penumisan, bahan masakan harus terus diaduk agar matangnya meratas dan cepat.

6. Sayuran berdaun hijau dan sayuran lainnya yang bisa matang dalam waktu cepat, harus dimasak sebentar saja agar tidak layu.

7. Gunakan api sedang-tinggi agar tumisan memiliki waktu cukup untuk matang.

8. Jika menggunakan daun bawang, daun jeruk, daun kemangi, daun seledri atau daun kucai sebaiknya dimasukkan terakhir supaya aromanya tidak hilang. Aduk-aduk sebentar lalu segera angkat tumisan.

Berikut adalah sedikit dari beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika menumis bagi kamu yang masih pemula. Kesuksesan tidak akan terwujud tanpa diawali dengan kegagalan, jangan takut untuk mencoba dan terus belajar.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Berterimakasihlah, 3 Hal Menyakitkan Ini Akan Membentuk Kepribadianmu Jauh Lebih Baik

Halaman: 
Admin : Aurora Denata