logo


Terlibat Demo Papua Merdeka, 4 WNA Asal Australia Dideportasi

Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Sam Fernando membenarkan bahwa empat WNA asal Australia dideportasi lantaran bergabung dalam aksi demontrasi Papua Merdeka

2 September 2019 14:40 WIB

Deportasi WNA Australia di Demo Papua
Deportasi WNA Australia di Demo Papua Detik News

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Sam Fernando membenarkan bahwa empat WNA asal Australia dideportasi lantaran bergabung dalam aksi demonstrasi Papua Merdeka.

"Betul," tutur Sam di Kantor Wali Kota Sorong, Senin (2/9)

Keempat WNA asal Australia tersebut mengunjungi Indonesia dengan alasan wisata. Mereka tengah mengendarai kapal ke Raja Ampat menuju Banda Neira Maluku, namun kapalnya rusak sehingga singgah di Sorong sejak tanggal 10 Agustus 2019.


Ada Kelompok Jaringan Internasional Terlibat Kerusuhan Papua, Polri Lakukan Identifikasi

Setibanya di Sorong, keempat WNA itu mengaku telah diajak warga setempat untuk ikut unjuk rasa festival budaya. Namun satu dari WNA tersebut tidak terlihat dalam aksi unjuk rasa itu. Kendati demikian, Sorong dan sekitarnya masih aman walaupun sudah kedatangan WNA yang tak dikenali warga.

"Masih aman, masih kondusif. Memang sempat ada beberapa yang harus kita atasi tapi sejauh ini aman. Masih ada satu WAN Aussie lagi yang di Sorong dengan kapalnya. Dia tidak ikut demo, " ujar Inspektur Jenderal Rudolf A Rodja Selaku Kepala Kepolisian Daerah Papua pada hari kamis (29/8) kepada Antara.

Hari senin (2/9) tepat pukul 07.00 WIT, keempat WNA Australia tersebut resmi dideportasi. Proses deportasi tersebut dilaksanakan di Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong. Alasan deportasi tersebut adalah pelanggaran Undang-Undang Kemigrasian.  

Jokowi Didesak ke Papua, Moeldoko: Pekerjaan yang di Bawah Gimana

Halaman: 
Penulis :