logo


Makin Memanas, Donald Trump Kembali Naikan Tarif Impor Barang Tiongkok

Donald Trump kembali menaikan tarif tambahan sekitar US$ 110 miliar.

2 September 2019 11:38 WIB

Donald Trump dan Xi Jinping
Donald Trump dan Xi Jinping Kompas Internasional

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali menaikan tarif tambahan sekitar US$ 110 miliar pada impor barang Tiongkok pada Minggu (1/9), menandai eskalasi terbaru dalam perang dagang yang menimbulkan kerusakan di seluruh ekonomi dunia.

Tiongkok tak tinggal diam, mereka membalas dengan mengenakan tarif 15 persen pada barang AS yang masuk ke Tiongkok seperti barang-barang konsumen mulai alas kaki, pakaian jadi, tekstil dan produk teknologi tertentu seperti Apple Watch. Sementara sekitar US$ 160 miliar barang-barang Tiongkok - termasuk laptop dan ponsel - akan dikenakan tarif 15 persen pada 15 Desember 2019.

Dilansir dari BeritaSatu, investor berlaih ke mata uang yen sehingga mata uang Jepang itu naik 0,3 persen terhadap dolar di awal sesi. Sementara Dolar Selandia Baru turun 0,5 persen, kinerja terburuk di antara mata uang Kelompok-10. Adapun Yuan Tiongkok turun 0,15 persen menjadi 7,1732 per dolar.


Donald Trump Menyesal Tidak Menaikan Tarif Impor Tiongkok Lebih Tinggi

Sementara pemerintahan Trump telah menepis kekhawatiran tentang perang dagang yang berkepanjangan.

Para pelaku bisnis menyerukan agar kedua negara melakukan gencatan senjata soal tarif. Mereka mendorong agar dilakukan kembali negosiasi.

Trump mengatakan kepada wartawan pada Minggu bahwa pembicaraan tatap muka negosiator perdagangan Tiongkok dan Amerika yang dijadwalkan di Washington pada September tetap berlangsung, "Kami sedang berbicara dengan Tiongkok, pertemuan masih berlangsung," kata Trump.

Tiongkok telah berulang kali mengecam taktik tekanan AS, dengan tanda-tanda bahwa para pejabatnya bersiap untuk berkonfrontasi "Tekad Tiongkok untuk melawan perang ekonomi yang dilancarkan AS semakin kuat, dan penanggulangannya lebih tegas, dan terukur," menurut pejabat Tiongkok dikutip Xinhua.

Kalah Telak! Berikut Perbandingan Militer AS vs Korut!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu