logo


Ini Fungsi Lengkap Keran Bensin Motor yang Belum Kamu Ketahui

Berikut ulasannya

2 September 2019 11:23 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 201 x

Untuk bagian yang satu ini tentunya tak asing lagi bagi para pengguna motor dengan karburator. Namun tak sedikit dari kita yang masih tak tahu dengan fungsi lengkap dari begian yang satu ini.

Jika kamu perhatikan lebih detail lagi, terdapat tiga posisi setelan di keran bensin yang ditandai dengan tulisan On, Off, dan Res. Fitur lengkap tersebut biasanya kerap ditemui pada motor jenis tangki luar atau bisa juga disebut dengan motor sport jenis 2 tak ataupun 4 tak. Untuk motor jenis tangki dalam atau yang berada dibawah jok, mungkin bisa dicek lagi apakah terdapat fitur ini.

ilustrasi


Gampang, Hilangkan Kusam pada Motor dengan Trik Jitu Ini!!

Meskipun kebanyakan pengendara motor sudah mengetahui adanya fitur ini, tapi masih banyak juga pengguna yang salah paham dengan fungsi lengkap indikator keran bensin di motornya tersebut.

Jika posisi tuas berada di posisi On, artinya bensin dari tangki penyimpanan mengalir lancar menuju ruang bakar.

Kemudian jika diputar ke posisi Off, maka aliran bensin dari tangki ke ruang bakar tertutup sehingga mesin tidak dapat dinyalakan karena tidak ada asupan bensin. Biasanya digunakan pada saat motor akan ditinggal lama atau saat ingin servis bagian karburator.

Untuk posisi Res, jika kran diputar pada posisi On namun indikator bensin menunjuk pada posisi habis, putar pada posisi Res untuk mengaktifkan bensin cadangan di tangki. Mesin akan menyedot sisa bensin di tangki sehingga kalian perlu segera mengisi bahan bakar kembali.

Fitur Res sebenarnya juga bisa digunakan untuk menggantikan posisi On, namun ketika motor kamu kehabisan bensin, hal ini berarti tidak ada lagi bensin yang digunakan sebagai cadangan pada tangki motor kamu. Pastikan menggunakan posisi Res pada saat darurat saja.

 

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Pengendara Motor Sering Tak Sadar, Kebiasaan Inilah yang Menyebabkan Rem Blong

Halaman: 
Admin : Vicky Anggriawan