logo


Subsidi Energi Tahun 2019 Hemat Sampai Rp 40 Triliun

Berikut Ulasannya

2 September 2019 10:23 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan.
Menteri ESDM Ignasius Jonan. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menyebut bahwa subsidi energi di tahun 2019 ini lebih hemat. Jonan mengatakan bahwa dari target subsidi Rp 160 triliun, kemungkinan yang terpakai dari jatah APBN adalah sebesar Rp 120 triliun.

"Subsidi tahun 2019 ini targetnya Rp 160 triliun, tapi saya kira nggak akan sampai. Paling di angka Rp 120 triliun sampai Rp 130 triliun," kata Jonan saat mengisi kuliah umum di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (30/8).

Penghematan itu didapatkan selain dari sejumlah strategi yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM, juga disebabkan oleh penurunan harga komoditas energi.


Kementerian ESDM dan PT PLN Berikan 2.500 RT di Nusa Tenggara Sambungan Listrik Gratis

Oleh sebab itu, imbuh Jonan, ketimbang menghabiskan anggaran untuk subsidi energi yang tidak tepat sasaran, pemerintah lebih memilih memangkas subsidi energi untuk dialihkan ke belanja yang lebih produktif dan pro rakyat.

Demikian halnya pemanfaatan anggaran Kementerian ESDM yang tahun ini dialokasikan sebesar Rp 4,9 triliun juga mayoritas untuk infrastruktur dan program pro rakyat. "Tahun ini, anggaran Kementerian ESDM 48% dikembalikan ke masyarakat, untuk bangun pembangkit tenaga surya, jaringan gas dan lain sebagainya," ungkap Jonan.

Kunjungi NTB, Menteri ESDM Tinjau Proyek PLTS dan Sambungan Listrik Gratis

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan