logo


Pernikahan Bikin Keuangan Jadi Lebih Baik? Ini Faktanya

Menurut Harvard Health Blog 2016, pernikahan menjadi kunci menuju finansial yang lebih baik

31 Agustus 2019 10:53 WIB

ilustrasi
ilustrasi Istimewa

JAKARTA, - JITUNEWS.COM - Uang memang bukan segalanya tapi hampir semuah hal pasti pakai uang, bukan? Kebutuhan yang semakin membengkak membuat kita fokus akan uang, atau motivasi menjadi kaya.

Melansir dari CBN, senin (26/8), Dan Ariely selaku Kepala Perilaku Ekonomi di aplikasi keuangan Qapital menyatakan bahwa pengeluaran uang yang membengkak dapat juga disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari kita.   

"Intinya, manusia itu terbentuk dari kebiasaan sehari-hari mereka. Yang pernah kita lakukan akan kita lakukan selanjutnya. Begitu seterusnya."


8 Kota Dunia Dengan Kopinya Yang Terenak

Jadi, misal kebiasaan kita adalah shopping di awal bulan atau akhir pekan, maka sulit pasti bagi kita untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Sementara shopping itu sendiri salah satu faktor besar penguras uang kita.

Di sela-sela kebutuhan hidup yang meningkat, hampir tidak mungkin menabung atau menyisihkan uang. Namun, dengan melihat jumlah uang atau rekening tabungan, otak kita akan terstrimulasi bahwa kita cukup kaya dengan jumlah uang tersebut. Alhasil, kita yakin bahwa kita bisa menabung dan memenuhi kebutuhan hidup kita dengan minimalis.

Selain menabung, membayar cicilan, tagihan atau utang di saat kita mempunyai banyak uang juga salah satu alternatifnya. Misal, saat kita menerima gaji di awal bulan, maka segeralah membayar pelunasan tersebut. Menunda-nunda hanya akan membuat kita semakin boros. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan membayar cicilan atau yang lain di saat uang kita menipis hampir habis.

Uniknya, Harvard Health Blog 2016 menambahkan bahwa pernikahan menjadi kunci menuju finansial yang lebih baik. Perasaan bahagia setelah menikah dapat menyehatkan tubuh karena sistem imun meningkat. Bahagia dan sehat juga faktor utama menuju finansial yang lebih baik. Tapi, pastikan menikah dengan orang pilihanmu tentunya.

Seperti istilah yang sering kita dengar 'time is money'. Uang diibaratkan dengan waktu yang sangat berharga karena tidak bisa diputar ulang. Jadi, gunakan uangmu sebaik mungkin, ya!

Cokelat Ternyata Cegah Obesitas

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin