logo


Soal Krisis Papua, Mardani Sodorkan Solusi untuk Jokowi

Solusi apa yang ditawarkan oleh politikus PKS tersebut?

30 Agustus 2019 23:06 WIB

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengharapkan penanganan krisis di Papua dan Papua Barat dilakukan dengan pendekatan kemanusiaan, cinta dan kasih sayang, karena Bumi Cendrawasih adalah bagian NKRI.

Menurutnya, Presiden harus segera membentuk satuan tugas (Satgas) khusus krisis Papua.

"Saya mendesak pemerintah membentuk Satgas khusus yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Presiden (Jusuf Kalla)," ujar Mardani dilansir dari JPNN, Jumat (30/8).


Sikapi Konflik di Papua, PNPS GMKI: "Tempuh Jalan Dialog Damai, Kedepankan Supremasi Hukum"

Satgas tersebut harus segera melakukan pendekatan kemanusiaan dalam upaya diplomasi mencari titik temu penyelesain krisis yang terjadi di wilayah yang dulunya bernama Irian Jaya.

"Menurut saya krisis di Papua yang terjadi sekarang adalah titik kulminasi (puncak) dari masalah sosial, ekonomi dan krisis kepecayaan diri yang dirasakan warga Papua selama ini," tegas ketua DPP PKB itu.

Politikus asal Betawi itu berharap, Satgas Krisis Papua bisa melakukan dialog langsung kepada aktor-aktor yang menyulut krisis ini melalui pendekatan humanistik.

"Pak JK punya pengalaman menyelesaikan masalah konflik di Aceh dan Ambon, saya yakin berdasarkan pengalaman beliau itu, bisa memimpin Satgas menyelesaikan masalah di Papua sesegera mungkin," ucap Mardani.

Selain itu, pihaknya menilai perlunya solusi pemekaran daerah sebagi upaya mendasar pemerataan pembangunan masalah ekonomi-sosial di papua.

"Saya mengusulkan pemekaran provinsi Papua menjadi tujuh provinsi bagian dengan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada Papua agar terus bangkit," tandasnya.

Gelar Pertemuan Bersama Tokoh Papua dan Papua Barat, Wiranto: "Kita Menyesalkan Semua Itu Terjadi dari..."

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu