logo


Kerusuhan Papua, Masyarakat Memilih Bermalam di Markas Angkatan Laut

Masyarakat yang mengungsi tersebut terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak. Sementara pria dewasa tetap tinggal untuk menjaga rumah.

30 Agustus 2019 01:55 WIB

Kerusuhan di Manokwari, Papua
Kerusuhan di Manokwari, Papua Jawapos

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dampak kerusuhan di Papua membuat sebagian masyarakat memilih bermalam di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X di kawasan Hamadi, Jayapura.

Masyarakat yang memilih bermalam di Lantamal X tersebut berasal dari kawasan sekitar Entrop, Hamadi.

Baca juga: Fahri Hamzah Desak Jokowi Ambil Tindakan Luar Biasa Terkait Situasi di Papua


Demokrat: Sekarang Saatnya Mengajak Papua untuk Duduk Sama Rendah dan Berdiri Sama Tinggi

Masyarakat yang mengungsi tersebut terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak. Sementara pria dewasa tetap tinggal untuk menjaga rumah.

Sebelumnya terjadi unjuk rasa yang rusuh di kawasan tersebut. Unjuk rasa yang dimulai sejak pagi waktu setempat tersebut berlangsung hingga petang.

Dilaporkan Antara, sekitar pukul 18.00 WIT massa mulai membubarkan diri setelah dipukul mundur oleh aparat gabungan TNI dan Polri dengan menggunakan gas air mata. Sementara itu, kondisi dan situasi Kota Jayapura, Papua, pada pukul 18.30 WIT berangsur pulih.

Unjuk rasa tersebut menimbulkan kerusakan material di berbagai tempat dari Sentani, Abepura, Kotaraja hingga Jayapura. Massa pengunjuk rasa sebelumnya sempat melakukan pembakaran beberapa gedung dan pertokoan sepanjang Abepura, Entrop dan Jayapura seperti Kantor Telkomsel dan Pos Jayapura.

Bangunan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua, RS Provita Jayapura, Mall Jayapura, dan pertokoan yang berada di sekitarnya juga dilempari dan dirusak massa pengunjuk rasa.

Fahri Hamzah Desak Jokowi Ambil Tindakan Luar Biasa Terkait Situasi di Papua

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu