logo


Ibu Kota Jawa Barat Akan Dipindah, Demokrat ke Ridwan Kamil: Pindahkan ke Jakarta Aja

Ridwan Kamil ingin memindahkan ibu kota Jabar dari Bandung

29 Agustus 2019 21:52 WIB

Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean
Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana memindahkan ibu kota Jawa Barat dari Bandung. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengusulkan tiga lokasi untuk menjadi ibu kota yang baru.

Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengusulkan Jakarta menjadi ibu kota Jabar yang baru.

"Pindahkan ke Jakarta aja ibukotanya. @ridwankamil," ujar Ferdinand seperti dilansir Jitunews dari akun Twitternya, Kamis (29/8).


Iuran BPJS Naik, Demokrat: Pemerintah Memberi Beban Baru Lagi

Diketahui, Ridwan Kamil ingin memindahkan ibu kota Jabar. Menurutnya, secara fisik Kota Bandung tidak cocok lagi menjadi pusat pemerintahan.

"Sama seperti Jakarta sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan karena kantor pemerintahannya kan cekclok-cekclok (terpisah-pisah), di mana-mana sehingga tidak produktif," ungkap Kang Emil di Bandung, Jabar, Kamis (29/8).

Rencana pemindahan ibu kota Jabar itu juga telah disepakati oleh DPRD. Ia mengatakan bahwa wacana itu muncul saat menggelar rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII pekan lalu.

"Kemarin RTRW Jabar sudah disahkan untuk sampai 2029. Di dalamnya Rebana sudah masuk kan, penataan jalur transportasi sudah masuk, termasuk persetujuan wacana pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," jelasnya.

Emil mengusulkan tiga lokasi, yakni di Tegalluar dan Walini di Kabupaten Bandung, serta wilayah Segitiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati).

Petani Diminta Kerja 24 Jam, Demokrat: Edan!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata