logo


Ustad Tengku Sebut Ibu Kota Baru Rawan Rudal Tiongkok, Begini Tanggapan Moeldoko

Ustad Tengku Zulkarnain menyebut bahwa lokasi ibu kota baru RI rawan jadi sasaran empuk armada perang dan rudal Tiongkok.

29 Agustus 2019 20:26 WIB

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lewat cuitan di twitter, Ustad Tengku Zulkarnain menyebut bahwa lokasi ibu kota baru RI rawan jadi sasaran empuk armada perang dan rudal Tiongkok memantik reaksi berbagai pihak. Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko pun ikut mengomentari twit dai pemilik akun @ustadtengkuzul di Twitter itu.

Moeldoko memastikan pemilihan lokasi ibu kota baru RI sudah memikirkan berbagai aspek termasuk pertahanan.

"Saya sendiri memberi pandangan dari sisi pertahanan," ucap Moeldoko seperti dilansir dari JPNN, Kamis (29/8).


Fadli Zon Anggap Pengadaan Smart SIM Hamburkan Uang Negara

Menurutnya, pemerintah sudah mempertimbangkan berbagai aspek dan perkembangan teknologi. Menurutnya, pemerintah juga sudah mempertimbangkan rudal jelajah dari negara lain.

"Kalau nanti dengan teknologi baru, rudal jelajah itu mau di mana saja bisa dilewati. Jadi menurut saya kajian ke arah sana sudah dipikirkan dengan baik," tegasnya.

Moeldoko menambahkan, sisi keamanan nasional lokasi ibu kota baru RI di Kaltim lebih baik ketimbang DKI Jakarta. Dia mencontohkan bila terjadi pertempuran kota, Jakarta jauh lebih sempit karena banyak gedung dan menyulitkan.

Sementara dari sisi lindung tembak, kata Moeldoko, Kalimantan cukup memadai karena masih memiliki hutan lebat yang bisa dimanfaatkan untuk pertempuran. Terlebih, katanya, TNI AD memiliki Kopassus yang dikenal jago dalam pertempuran di hutan.

"Kopassus (kemampuan) perang hutannya sangat diakui. Makanya negara lain mau belajar dari Indonesia," tutur mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

Survei LSI: KPK Jadi Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu