logo


Tzuyu Twice - Dalang di Balik Konflik Taiwan dan Cina

Entah disengaja atau tidak, Tzuyu Twice sempat menyebabkan dua negara ini bersiteru.

29 Agustus 2019 11:25 WIB

Tzuyu Twice
Tzuyu Twice korean photoshoot - tumblr

JAKARTA - JITUNEWS.COM - Twice yang terdiri dari 9 member dan setengahnya bukan warga asli penduduk Korea, menyebabkan Korea dan beberapa negara sempat berkonflik. Setelah kasus Sana yang menyinggung kekaisaran Jepang, kini Tzuyu yang menjadi visual dan maknae Twice  juga terlibat kasus yang hampir sama dengan Sana.

Bermula saat Tzuyu sedang shooting film, tiba-tiba saja dia mengangkat bendera Taiwan, tempat Tzuyu lahir dan dibesarkan. Hal ini sangat menyinggung warga Cina karena Taiwan masih berada di bawah kedaulatan Cina. Di PBB pun Taiwan tidak terdaftar sebagai negara yang berdiri sendiri. Oleh karena itu, ketika Summer Olympic 2016, Taiwan tidak boleh mengibarkan benderanya sendiri melainkan harus bendera Cina yang dikibarkan.

Di sisi lain, masyarakat yang sejak kecil lahir dan besar di Taiwan melakukan aksi protes kepada Cina agar Taiwan bisa independent dan merdeka dari Kedaulatan Cina. Dalam kondisi seperti ini, Tzuyu dengan entengnya mengangkat bendera taiwan di salah satu siaran televisi. Entah disengaja atau tidak, hal ini membuat netizen China marah-marah dan melemparkan komentar-komentar jahat kepada Tzuyu akan sakit hatinya.  Kemudian, JYP entertainment bersama Tzuyu membuat video permintaan maaf akan hal itu.


TWICE - Generasi Penerus Girlband Legendaris SNSD?

Berikut kutipan video permintaan maaf dari Tzuyu bersama JYP Entertainment yang diunggah di channel youtube resmi Han Yoo Ra [Little and Big]

"China itu satu negara. China dan Taiwan merupakan satu negara yang utuh. saya selalu bangga dengan diri saya yang berkebangsaan China. Sekali lagi saya ingin minta maaf. Maaf."

Namun, dengan pernyataan itu, giliran Taiwan yang kecewa terhadap Tzuyu. Setelah kasus ini, Tzuyu terlihat lebih sering diam ketika bersama member Twice lain. Taiwan dan China pun kini belum menemukan titik tengah untuk kasus ini.

Berawal dari Satu Caption Sana Twice, Warga Korea Terpaksa Membuka Luka Lamanya

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin