logo


Tanpa Kursus atau Kuliah pun, Kamu Bakal Jago Berbahasa Inggris dengan 5 Tips Ini

Practice makes perfect.

28 Agustus 2019 16:53 WIB

native speakers
native speakers nextren.com - gridID

JAKARTA - JITUNEWS.COM - Bahasa Inggris kini bukan lagi menjadi Bahasa Internasional yang hanya dituturkan di beberapa negara dengan empat musim setiap tahunnya. Beberapa sekolah di Indonesia bahkan mengharuskan siswanya agar berbicara menggunakan Bahasa Inggris ketika KBM. Mungkin bukan masalah besar bagi mereka yang berkebangsaan WNI namun tinggal cukup lama di luar negeri atau memang yang dilahirkan berdarah campuran oleh orang tua yang memang bahasa ibunya Bahasa Inggris. Seringkali lidah orang Indonesia tidak cocok untuk melafalkan pronunciation Bahasa Inggris dengan lancar. Namun, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Maka, berikut ini beberapa langkah agar kamu bisa mahir berbahasa Inggris tanpa perlu kursus mahal.

1. Bersosial Media dengan Bahasa Inggris

Tak perlu berburu menulis dengan topik atau tema yang berat, mulai menulis caption instagram atau status di media sosial dengan Bahasa Inggris akan membiasakanmu memahami gaya tulis yang benar secara gramatikal. Selanjutnya, bila kamu masih hobi menulis diary di era digital ini, biasakan menulisnya dengan Bahasa Inggris, ya! Lambat laun, kamu akan terbiasa menulis bertopik berat dengan Bahasa Inggris.


5 Kunci Sukses BJ Habibie untuk Anak Muda

2. Menonton Film

Buat kamu yang hobi banget nonton film, tentunya poin kedua ini sangat direkomendasikan untukmu. Tapi, harus bersubtitle atau berdialog Bahasa Inggris, ya!

3. Mendengarkan lagu

Lagu barat kesukaanmu dapat meningkatkan minatmu dalam menguasai Bahasa Inggris. Musik yang menurutmu asyik akan bekerja sama dengan otak dalam menerima informasi. Rasa keingintahuan yang mendalam dari musik favoritmu akan merangsang kinerja tubuhmu dalam mencari informasi tentang lagu tersebut, termasuk arti dari lirik lagu yang berbahasa inggris itu. Lantunan lagu yang sering diputar dan sudah familiar di telinga, akan merangsang otak agar menyimpan memori yang telah berhasil didapat. Dengan kata lain, kosakata baru berbahasa inggris yang didapat dari lagu akan disimpan otak dan akan mudah diingat karena diiringi irama musik yang memanjakan telinga dan stimulasi otak.

4. Membaca komik

Mengingat Indonesia dengan adalah negara dengan kemampuan literasi rendah, mungkin poin ini akan sulit untuk diterapkan. Maka, mulailah membaca ringan seperti membaca komik, quote, cuplikan humor bergambar, dan bacaan-bacaan lain yang menurutmu ringan. Eits, dalam Bahasa Inggris ya tentunya.

5. Ngobrol bareng Bule

Tak perlu malu bila pronunciationmu belum sefasih bule atau native speakers lainnya. Berdialog dengan native speakers, selain akan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu, wawasanmu tenang dunia internasional juga akan bertambah. Bila di sekitarmu tidak ada native speakers, mulailah praktik berdialog berbahasa inggris dengan teman atau keluargamu.

Bahasa menunjukan budaya. Dengan demikian, bila kamu telah menguasai Bahasa Inggris, secara tidak langsung, budaya barat pun akan mengakar di jiwamu. Ambil yang positif dan buang negatifnya, ya!   

Tips Cantik Nol Rupiah Ala Artis Korea

Halaman: