logo


Moontoon Pilih Kasih ke Gusion?

Simak Pembahasannya

28 Agustus 2019 10:21 WIB

role hero
role hero one Esport

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Satu tahun setelah Mobile Legends dirilis, tepatnya tanggal 11 Juli 2017, Moonton mengklarifikasi bahwa game moba yang dirilisnya itu tidak memplagiat game manapun. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan gugatan yang dilayangkan oleh Riot Games, developer game PC League of Legends. Moontoon menegaskan bahwa Mobile Legend telah mendapatkan hak cipta secara resmi, diakui dan dilindungi banyak negara. Moontoon pun menambahkan bahwa beberapa developer game lain tengah menyebarkan isu tak sedap tentang Mobile Legends. Tentunya, mobile legend menjadi ancaman bagi para developer game senior.

Uniknya, Moonton hanya memodifikasi hero-hero dari legenda beberapa negara. Moonton sendiri mengadaptasi hero yang berasal dari Indonesia seperti sosok Gatotkaca dalam cerita mahabrata dan Kadita yang diinspirasi dari legenda ratu laut selatan. Namun, dalam kisah Gatotkaca yang diceritakan oleh Moonton berbeda dengan kisah Gatotkaca yang tertulis di kitab mahabrata. Para player Mobile Legend harus menyelesaikan quest-quest dari tiap hero agar mengetahui kisah di balik hero tersebut. Begitu halnya dengan Kadita. Mendapat inspirasi dari cerita legenda beberapa legenda bukan berarti menjiplaknya bukan? Beda halnya bila Moonton sengaja menuliskan kisah Gatotkaca dan Kadita sama persis dengan yang dikisahkan di Indonesia. Nyi Roro Kidul, sebutan untuk ratu laut selatan pun diubahnya menjadi Kadita. Bukankah itu mencerminkan bahwa Moonton adalah developer yang kreatif? Namun, Moonton juga menciptakan hero-hero asli dari Mobile Legend itu sendiri yang mana bukan berasal dari cerita legeda beberapa negara. Hero-hero tersebut diantaranya adalah Alucard, Tigreal, Layla, Alice, Nana, Vexana, Johnson dan masih banyak lagi.


3 Hero Mobile Legends Ini Kebagian Skin King of Fighter Baru, Siapa Saja?

Pada bulan Februari 2108, Moonton merilis hero bertipe mage assasin yang dikenal dengan julukan Gusion. Hero ini sempat over power dan menjadi langganan ban season 6, 7 dan 8. Gusion bukanlah hero yang dirilis pada season awal namun telah memiliki enam skin hingga season 13 ini. Padahal hero-hero yang telah rilis sebelum Gusion belum memiliki skin sebanyak Gusion. Diggie pun baru memiliki dua skin yaitu skin normal dan skin special. Franco juga hanya memiliki tiga skin yaitu skin normal,skin stralight dan skin season. Kini, Franco sering dipick para players bahkan ketika di mode rank. Diggie bahkan sempat dirework dan dibuff demi meningkatkan minat para user role support. Berbeda dengan Gusion yang belum pernah mengalami nerf.

Perlu diingat bahwa Franco dan Jhonson adalah dua tank yang pernah terlupakan di era awal season. Setelahnya, dua hero ini sering dipick bahkan dalam mode rank. Moontoon selalu berusaha agar meta dan kekuatan hero selalu seimbang. Banyak hero yang harus dirework, dibuff, atau dinerf agar tidak ada hero yang terlupakan. Skill dan karakter hero memang menyesuaikan kembali ke selera masing-masing usernya. Namun, mengapa Gusion dari awal rilis sudah dianugerahi damage yang sakit? Skillnya pun memudahkan usernya untuk mendapatkan kill, buff dan melarikan diri dari sergapan gank lawan. Gusion pun cocok dan sering dimainkan di rank master, grandmaster, epic, legend dan langganan di mythic. Kenapa harus Gusion? Memang strategi Moonton atau minat user yang sangat tinggi dengan role maupun skill hero ini?

Kini, Gusion memiliki berbagai macam skin dari skin normal, skin elite, skin starlight, skin special untuk edisi valentine dan berpasangan dengan Lesley, skin epic yang tergabung dalam squad venom bersama Harley, Hanabi, Angela dan Grock, dan yang terbaru skin kof bersama Aurora dan Dyroth. Dapat disimpulkan bahwa Gusion seringkali mendapat skin khusus untuk event-event tertentu. Kenapa tidak diberikan ke hero lain? Memang ketidaksengajaan Moonton dalam menciptakan hero berrole asassin dan mage? Atau moonton sudah melakukan research bahwa user lebih menyukai hero bertipe mage dan assasin? Walaupun moonton sering melakukan survey melalui inbox user tentang kesesuain meta tiap season, alangkah baiknya hero-hero lama dan yang peminatnya kurang segera ditingkatkan lagi agar lebih baik.

Siapa Bilang Player Mobile Legends Semuanya Toxic?

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin