logo


Soal Lokasi Ibu Kota Baru, BMKG Ungkap Ada Ancaman Tsunami Kiriman

Simak berita selengkapnya

28 Agustus 2019 09:53 WIB

ilustrasi tsunami (sumber: kaskus.co.id)
ilustrasi tsunami (sumber: kaskus.co.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa Pulau Kalimantan yang merupakan lokasi ibu kota baru aman dari gempa. Meski aman, di Kalimantan juga pernah tercatat mengalami gempa di masa lalu.

"Hampir seluruh wilayah Indonesia kecuali yang bersih itu Kalimantan. Artinya di Kalimantan masih ada pusat gempa pada masa lalu. Tapi jumlahnya jauh lebih sedikit," ujar Dwikorita di DPRI RI, Jakarta (27/8).

Baca Juga: Anies Baswedan Ungkap, Ibu Kota Pindah, Perkantoran Bekas di Jakarta Akan Jadi.....


Ibu Kota Jadi Pindah, Ahok Beri Kritik Menohok, "Lari dari Masalah"

Prabowo Siap Berikan Lahan untuk Ibu Kota Baru, Netizen: Jangankan Tanah, Nyawanya Aja Diwakafkan

Lebih lanjut, ia juga mengungkap bahwa Kalimantan mempunyai struktur bebatuan relatif stabil dibanding dengan pulau yang lainnya. Efeknya, struktur tanah di Kalimantan bisa meredam getaran yang ditimbulkan dari gempa.

"Ini sudah diselidiki termasuk oleh BMKG. Saat ada gempa, bebatuan di sana sudah kompak stabil meredam getaran," imbuhnya.

Meskipun aman, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara yang merupakan lokasi ibu kota baru masih mempunyai potensi terdampak tsunami kiriman. Pasalnya, kedua daerah tersebut mempunyai kawasan pesisir.

Waduh, Kebiasaan Jokowi Satu Ini Tak Patut Dicontoh Lho, Kenapa ya?

"Tsunami kiriman, semisal kalau ada gempa dan tsunami di daerah Sulawesi. Jadi lebih mudah terdeteksi kapan kedatangan gelombang tsunami itu di bibir pantai pesisir Kaltim," tukasnya.

Pemindahan Ibu Kota Buat Jegal Anies di 2024? Ini Kata Pengamat Politik

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata