logo


Sadarkah yang Kamu Lakukan ini Sebabkan Bibirmu Kering?

tahukah kamu penyebab bibir kering? penyebabnya itu terkadang berawal dari kebiasaan yang tidak kita sadari lho..

27 Agustus 2019 15:46 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bibir kering bisa dibilang efek dari pubertasi, tapi bagaimana kalau jadi kebablasan? Sulit bagi kita untuk mempelajari anatomi tubuh kita, tapi percaya atau tidak kebiasaan kita sangat berpengaruh banyak. Tahukah kamu apa penyebab bibir kering? langsung saja simak!

1. Sering membasahi bibir

Hindarilah kebiasaan membasahi bibir dengan air liur. Sebenarnya tujuannya bagus yakni menjaga kelembaban bibir. Sebenarnya air liur kita ini memiliki karakter mudah menguap, maka lebih baik hindari hal itu. Hal seperti itu bisa mengakibatkan bibir kamu kering dan kasar sehingga mengganggu penampilan.


Hanya dengan Minum Air Lemon Tiap Pagi, Kamu Akan Dapat 5 Manfaat Mujarab Ini

2. Menggigit Bibir

Menggigit bibir juga merupakan kebiasaan yang perlu kamu hindari. Bibir memiliki tingkat sensitif yang berbeda dibandingkan dengan anggota tubuh lain. Ketika kamu menggigit bibir, maka lapisan kulit paling luar dari bibir akan merasakan trauma dan menghambat fungsi terganggu sehingga bibir kita mengalami kering atau pecah-pecah.

3. Jangan Bernafas Melalui Mulut.

Bernafas dengan mulut sering kita lakukan ketika sehabis olah raga, atau ketika tidur. Bernafas melalui mulut menghasilkan kandungan gas yang berbeda jika dibanding bernafas melalui hidung. Suhu yang dikeluarkan pun juga berbeda yakni lebih hangat. Karena lebih hangat maka dapat memicu kekeringan pada bibir. Dengan memperhatikan kebiasaan kecil seperti ini sebenarnya kamu dapat menghindari kekeringan pada mulut.

4. Kurang Asupan Air

Kita semua tau bahwa air putih memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita, dan kita diharuskan untuk banyak mengkonsumsi air putih agar kita tidak kekurangan cairan dalam tubuh kita. Apa efek samping secara fisik dari kurangnya mengkonsumsi air putih? Salah satunya adalah bibir yang tidak segar, kering, dan pecah pecah. Maka dari itu jagalah tubuhmu dengan banyak mengkonsumsi air putih.

5. Kekurangan Nutrisi

Tidak cukup hanya dengan banyak mengkonsumsi air putih, tapi kita juga perlu memperhatikan betul-betul kebutuhan nutrisi kita. Mengkonsumsi makanan yang sekiranya mengandung nutrisi yang banyak dan bermanfaat sebanyak 3 kali sehari. Nutrisi yang dibutuh kan untuk bibir kita saat kering adalah asam lemak, zat besi, dan vitamin B.

Suka Marathon Film? Awas Terkena Binge Watching! Simak Cara Mengatasinya

Halaman: 
Penulis : Chafidz Hidayat