logo


Suka Marathon Film? Awas Terkena Binge Watching! Simak Cara Mengatasinya

begini cara mengatasi kecanduan nonton film

27 Agustus 2019 13:54 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 96 x

Apakah anda termasuk orang yang gemar menonton serial televisi atau film? menghabiskan waktu untuk menonton satu season serial televisi sekaligus.

Hal ini disebut sebagai fenomena binge watching. Di jaman sekarang yang sudah bisa dikatakan sebagai jaman modern ini, menunggu lama untuk menantikan episode lanjutan dari film seri favorit anda sudah tidak diperlukan lagi.

Hal tersebut kini menjadi semakin mudah karena tersedianya layanan streaming untuk menonton film seri maupun film layar lebar kegemaran anda. Karena hal tersebut, tak jarang dari mereka yang menggunakan fasilitas ini yang menjadi kecanduan.


Meski Dianggap Sebagai Kaisar Dunia Baru, Ada 7 Perbedaan Mencolok antara Luffy dan 5 Kaisar Lainnya...

ilustrasi

Hanya dengan berlangganan layanan streaming di berbagai platform, anda dapat mengakses ribuan film dan serial televisi yang dapat ditonton kapan saja dan di mana saja. Layanan streaming tersebut membuat banyak orang menghabiskan waktu untuk menonton selama berjam-jam dalam satu waktu, tanpa jeda.

Semakin sering Anda menonton, kadar dopamin dalam tubuh akan semakin tinggi. Dopamin membuat tubuh kita kecanduan. Ketika satu episode sudah habis, Anda bisa saja seolah-olah merasakan ketagihan untuk kembali mendapatkan rasa senang, dan akhirnya melanjutkan ke epidose selanjutnya. Jika hal ini dibiarkan dan terulang setiap kali Anda menghabiskan tontonan, dan memulainya dengan tontonan baru. Hal ini bisa berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Bagi Anda yang punya hobi menonton film layar lebar atau film seri tanpa henti, simaklah beberapa tips di bawah ini agar Anda terhindari dari dampak negatif binge watching:

1. Batasi jumlah episode yang akan ditonton

ilustrasi

Tegakkan kedisiplinan diri ini agar Anda tidak menonton secara berlebihan. Setelah episode yang ditentukan berakhir, Anda sebaiknya segera matikan televisi atau gadget lain yang digunakan untuk menonton, dan beralih ke kegiatan lain.

2. Seimbangkan kegiatan menonton

Jangan lupakan kegiatan lainnya ketika kamu tengah asik menonton. Aktivitas lain seperti berolahraga, membaca, atau melakukan hobi Anda yang lain, seimbangkan dengan kegiatan menonton anda untuk menghindari kecanduan.

3. Nyalakan lampu ketika menonton

Kesehatan mata menjadi prioritas, selain kesehatan mata menjadi tetap terjaga anda juga bisa dapat melihat jam dengan jelas dan tidak kebablasan menonton.

4. Batas durasi menonton Anda.

ilustrasi

Jika terasa sulit menghitung waktu, Anda dapat memanfaatkan fitur alarm atau timer di ponsel Anda.

5. Pilih camilan yang sehat

Hal ini diperuntukkan bagi anda yang gemar makan sambil menonton. Pilihlah camilan pendamping yang sehat, seperti buah atau salada.

6. Menonton bersama teman atau keluarga.

Langkah ini dilakukan untuk tetap menjaga interaksi dengan orang lain. Dengan berbincang dengan teman menonton, hal ini dimaksudkan agar anda tidak mengasingkan diri.

Binge watching bukanlah menjadi masalah yang begitu besar, namun hal yang dapat memberi dampak buruk yaitu efek kecanduan yang timbul jika terlalu sering. Hal tersebut mungkin saja merugikan kesehatan fisik maupun mental Anda. Anda diharap bisa lebih waspada dan bisa membatasi diri. Jangan sampai hobi menyenangkan ini malah merusak kesehatan Anda di kemudian hari.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Waspada! Ternyata Memijat Leher Bisa Mendapatkan Masalah Stroke Hingga Beresiko Kematian!

Halaman: 
Admin : Gun-Gun