logo


Luar Biasa!! Kecanggihan Proses Ekstrak Madu di Era Revolusi 4.O

Semaraknya era revolusi 4.O membuat teknologi semakin berkembang sehingga dapat diterapkan di segala bidang

27 Agustus 2019 08:30 WIB

Sumber: https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&\nved=2ahUKEwih4sWz2qDkAhVd4nMBHSC5CJsQjRx6BAgBEAQ\n&url=https%3A%2F%2Fwww.iotsworldcongress.com%2Fthe-internet-of-bees-patients-and-cars%2F&psig=AOvVaw38Otbmml7SyqyiBMdLY9C4&ust=1566914582124941
Sumber: https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&ved=2ahUKEwih4sWz2qDkAhVd4nMBHSC5CJsQjRx6BAgBEAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.iotsworldcongress.com%2Fthe-internet-of-bees-patients-and-cars%2F&psig=AOvVaw38Otbmml7SyqyiBMdLY9C4&ust=1566914582124941
dibaca 784 x

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu. Lebah madu sendiri menghasilkan madu dengan cara menghisap nektar bunga yang berada di sekitarnya untuk dijadikan sebagai cadangan makanan. Madu memiliki sifat kental dan memiliki rasa yang manis. Sejak dulu, madu dikenal sebagai makanan yang memiliki khasiat yang sangat banyak bagi tubuh.

Dalam proses pemanenan madu, dibutuhkan keahlian dari peternak dalam bidang pemanenan dan pengekstrakan karena itu dapat mempengaruhi kualitas dari madu tersebut. Dalam bidang pemanenan, peternak harus memerhatikan proses pengambilan madu karena hal tersebut dapat mempengaruhi rasa madu sehingga kualitas dari madu akan berkurang.

Selain itu, peternak harus dapat menjadwalkan madu yang telah siap panen sehingga madu tersebut dapat langsung diekstrak dan dikemas. Terakhir dalam bidang pengekstrakan, hal yang harus diperhatikan oleh petani yaitu jangan terlalu sering menyentuh sarang lebah karena bakteri yang ada pada tangan dapat berpindah ke dalam madu.


Redmi Note 8 Bakal Punya Kamera 25x Zoom, Ungguli Oppo Reno 2

Semaraknya era revolusi 4.O membuat teknologi semakin berkembang sehingga dapat diterapkan di segala bidang. Salah satunya yaitu teknologi dalam bidang peternakan lebah madu yaitu ‘mesin pengekstrak madu otomatis’. Penulis memiliki inovasi untuk menggabungkan teknologi yang telah ada untuk dikembangkan sehingga segala proses yang terjadi dapat dilaporkan ke smartphone peternak.

Proses yang dilakukan oleh ‘mesin pengekstrak madu otomatis’ ini pertama kali yaitu mengukur berat dari sarang lebah madu. Jika berat sarang lebah madu telah melebihi berat yang ditentukan, maka sarang akan diteruskan menuju proses selanjutnya yaitu proses pengekstrakan. Proses pengekstrakan madu dilakukan dengan menggunakan teknologi yang telah ada yaitu honey extractor yang bergerak secara otomatis dan hasil yang didapatkan dapat langsung dikemas. Semua proses dan hasil yang di dapat akan dilaporkan ke smartphone peternak.

Dengan ide inovasi ini diharapkan para pelaku usaha peternakan lebah dapat melakukan proses pengekstrakan secara terstruktur dan dapat di kontrol dari jarak jauh. Selain itu, diharapkan madu yang dihasilkan oleh peternak menjadi banyak dan berkualitas sehingga tidak mengurangi khasiat dari madu tersebut.

Rifa Ade Rahmah, Ridwan Siskandar

Ditulis oleh: Rifa Ade Rahmah

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ini Bocoran Kirin 990, Prosesor Terkencang dari Huawei

Halaman: 
Admin : Aurora Denata