logo


Rambut Tetap Sehat untuk Kamu yang Hobi Berenang

Renang merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan dan membawa beragam manfaat bagi tubuh

27 Agustus 2019 09:15 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 170 x

Renang merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan dan membawa beragam manfaat bagi tubuh, dan karena itulah olahraga yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Namun tahukah kamu dibalik segala manfaat yang diberikan oleh olahraga yang satu ini tak terhindarkan dari beberapa efek buruk yang mungkin terjadi, ada beberapa efek negatif yang perlu untuk kamu waspadai.

Bagi kamu yang sangat menggemari bidang olahraga yang satu ini, berhati-hatilah dengan efek dari kaporit yang terkandung dalam air kolam. Kaporit mengandung klorin yang dapat menimbulkan kerusakan signifikan di rambut.

ilustrasi


Minum Susu Hangat di Malam Hari Bikin Tidur Lelap? Ini Faktanya

Klorin dalam kaporit bertugas untuk menjaga air kolam renang dari kotoran, minyak, dan bakteri. Efek yang sama akan terjadi pada rambut, hal tersebut menjadi jawaban mengapa setelah renang rambut jadi lebih kering dan kaku. Semakin sering kamu berenang, semakin besar juga peluang kerusakannya.

Meskipun demikian, kamu tak perlu khawatir jika tidak bisa melakukan olagraga terebut lagi. Hal yang sangat perlu untuk diperhatikan hanya menjaga rambut kamu dari bahaya klorin dalam kaporit dengan beberapa tips yang dapat kamu coba berikut ini.

1. Basahi sebelum terjun ke air

Jangan terburu-buru untuk masuk ke kolam renang saat tubuh dan rambut masih kering. Basahi terlebih dahulu rambutmu agar air kolam renang yang berkaporit tidak terserap terlalu banyak ke dalam rambut.

2. Menggunakan swim cap

ilustrasi

Salah satu barang yang wajib kamu miliki jika sangaat menggemari bidang olahraga yang satu ini. Head cap khusus untuk renang memberi dampak yang cukup signifikan untuk menjaga rambut dari paparan kaporit selama renang.

3. Membilas hingga bersih

Saat selesai renang, segera bilas sampai benar-benar bersih. Ini adalah tahap awal untuk membersihkan zat kaporit dari rambut.

4. Keramas

ilustrasi

Bergegaslah untuk keramas setelah selesai berenang. Bilas sampai bersih, lanjutkan dengan keramas untuk membersihkan rambut dengan optimal. Kamu bisa lakukan double cleansing alias keramas dua kali setelah renang.

5. Gunakan Conditioner

Gunakan conditioner agar protein rambutmu tetap seimbang dan kelembapannya terjaga. Dianjurkan untuk pakai conditioner yang nonbilas agar ia dapat terserap di rambut lebih lama.

Beberapa tips diatas bisa kamu terapkan untuk menghindari dampak buruk pada rambutmu untuk kamu yang hobi renang.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tips Diet Tanpa Ribet, Tekan Nafsu Makanmu dengan Cara Ini

Halaman: 
Admin : Aurora Denata