logo


10 Cara Cepat Hilangkan Stres Tanpa Obat Penenang, Patut Dicoba!

Gejala stress yang dibiarkan lambat laun akan berujung depresi bahkan penyakit kejiwaan.

25 Agustus 2019 04:30 WIB

Hindari Stress sedini mungkin
Hindari Stress sedini mungkin
dibaca 1037 x

Stress bisa menyerang siapa saja, tidak pandang usia, kelamin, status maupun jababatan. Faktor pemicu stress pun sangatlah banyak seperti terlilit hutang, biaya hidup yang semakin membengkak, perselisihan antar saudara, tugas kuliah yang tidak kunjung selesai atau pun tekanan pekerjaan yang sangat berat.  

Sayangnya, banyak yang menganggap sepele gejala stress. Lebih parahnya lagi seseorang yang sedang dilanda stress namun tidak menyadarinya. Gejala stress bisa ditemukan seperti hilangnya mood untuk melakukan hobi atau kegemaran, selalu malas untuk mengerjakan apapun, cenderung ingin tidur, keinginan untuk menghindari dari bertemu banyak orang dan lain sebagainya.

Gejala stress yang dibiarkan lambat laun akan berujung deperesi bahkan penyakit kejiwaan yang mengharuskan penderitanya berdiam diri di RSJ terdekat. Nah, berikut ini disajikan beberapa step dalam mengendalikan stress dan mengolahnya menjadi hal yang bermanfaat.


4 Objek Wisata di Solo yang Bebas Biaya! Apa Saja?

1. Mencoba hal-hal baru

Mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sama sekali dapat membangkitkan rasa ingin tahu akan hal tersebut. Jika kamu seorang penikmat film Marvel maka tak ada salahnya mencoba menonton serial drama korea atau bermain game, berenang, yoga,wisata  kuliner dan hal-hal lain yang belum pernah dilakukan sama sekali.

2. Bertemu sahabat lama

Bertemu kawan lama dipercaya dapat meningkatkan efek bahagia karena membawa sebagian memori indah di masa lalu. Mempercayakan masalah kita pada sahabat lama yang kita percaya jauh lebih efektik dibanding memendamnya sendirian.

3. Hindari social media untuk sementara waktu

Menghindari bermain social media di kala stress melanda adalah langkah terbaik. Salah satu pemicu faktor stress itu sendiri tidak adanya teman yang dipercaya untuk berkeluh kesah.

Bila hal ini adalah faktor utamanya, maka tanpa disadari penyandang stress tersebut akan update status yang berisikan tentang masalah pribadinya. Dengan demikian, menggunakan social media saat stress sama saja dengan bunuh diri karena mengumbar aibnya sendiri ke publik.

4. Tidur

Bagi sebagian orang, tidak bisa memejamkan mata saat stress. Akan tetapi, individu dengan kepribadian ektrovert yang hiperaktif cocok dengan solusi yang satu ini.

5. Bersyukur

Bersyukur juga berarti selalu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.Selalu mensyukuri karunia yang diberikan-Nya adalah cara terampuh dan termurah untuk menghargai hidup yang berarti sudah selangkah lebih maju untuk membuang stress jauh-jauh. Lupa bersyukur dan selalu membandingkan diri dengan orang lain adalah faktor tercepat dan terdasyhat yang memicu stress.

6. Menjaga Kamar Selalu Rapi

Kamar yang berantakan mungkin hal sepele bagi sebagian orang, tapi merapikan kamar juga bisa menjadi penghilang stress yang ampuh. Suasana kamar yang cozy tanpa disadari akan membuat penghuninya betah sehingga terhindar dari serbuan pikiran ataupun tekanan stress.

7. Hadapi dan Jangan Lari

Apabila stress yang disebabkan adalah faktor tugas kuliah, sekolah atau pun kerjaan yang menumpuk, maka segeralah selesaikan. Menunda dan menunggu inspirasi dating tidak akan menyelesaikan masalah.

8. Menulis Buku Diary

Sebaik apapun orang yang kita percaya, pasti ada kekurangan atau sifat yang mungkin belum bisa kita terima. Bagi kalian yang pernah dikhianati oleh teman sendiri atau orang kepercayaan kalian, maka menulis curahan hati atau evaluasi kegiatan sehari-hari menjadi cara jitu penghilang stress.

9. Mewarnai

Walaupun mewarnai bukan dalam list hobimu, tapi cobalah lakukan dulu. Mata yang dimanjakan oleh visual yang warna-warni akan membantu otak meredakan pikiran yang sedang kalut.

10. Mendengarkan Musik

Tak heran bila lagu-lagu bertema galau sering menemani mereka yang sedang putus cinta. Indera pendengaran yang menangkap lantunan music slow juga dapat meredam otak yang terus berpikir akibat stress. Menenggelamkan diri dalam musik syahdu ketika kita berkabung sah-sah saja, tapi jangan lama-lama ya!  

Ditulis oleh: Aldila Arin Aini

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Simak! Berikut 4 Level Petarung Terkuat di One Piece! Zoro Masuk Nggak?

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu