logo


Tanggapi Amien Rais, Istana: Papua dan Papua Barat Jadi Program Prioritas

Amien Rais meminta Jokowi untuk menunda pemindahan ibu kota negara dan menyarankan untuk fokus pada masalah di Papua

24 Agustus 2019 09:44 WIB

Amien Rais.
Amien Rais. Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, meminta Presiden Joko Widodo menunda pemindahan ibu kota dan mendahulukan masalah Papua.

Menanggapi hal tersebut, pihak Istana menyatakan rencana pemindahan ibu kota tidak akan mengurangi perhatian Jokowi terhadap masalah Papua.

"Terkait pernyataan ini, saya rasa Presiden sudah mempertimbangkan matang, bahwa merencanakan perpindahan ibu kota tidak berarti mengurangi perhatian persoalan Papua," kata Deputi V bidang Politik, Hukum, Keamanan dan Hak Asasi Manusia KSP, Jaleswari Pramodhawardani, kepada wartawan, Jumat (23/8).


Amien Rais Tegaskan PAN Akan Jadi Oposisi

Jaleswari mengatakan bahwa Papua dan Papua Barat adalah prioritas nasional sejak awal pemerintaha Jokowi.

"Sejak awal pemerintahan Presiden Jokowi, Papua dan Papua Barat sudah menjadi program prioritas nasional," ujarnya.

Sebelumnya, Amien Rais meminta Jokowi untuk menunda pemindahan ibu kota negara dan menyarankan untuk fokus pada masalah di Papua.

"Ini masukan dari saya secara tulus ikhlas buat pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Pertama, tunda dulu mengenai pembicaraan pemindahan ibu kota, tunda dulu. Ada yang lebih mendesak lagi, yaitu kemarin kita sadar ada wake-up call, kita tersadarkan bahwa di Papua dan Papua Barat ada gejolak fenomena yang amat sangat memprihatinkan," kata Amien Rais di Acara HUT ke-21 PAN di kolong Jalan Tol Pejagalan, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8).

PAN ke Jokowi: "Jika Tak Lakukan Hal Ini, Pemindahan Ibu Kota Itu Adalah Tindakan Ilegal"

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata