logo


Ahli Hukum Pidana: Pemerintah Harus Berusaha Pulangkan Habib Rizieq!

Berikut ulasannya

23 Agustus 2019 19:22 WIB

Ahli Hukum Pidana, Muhammad Taufik
Ahli Hukum Pidana, Muhammad Taufik Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ahli Hukum Pidana, Muhammad Taufik mengatakan pemerintah harus memberikan perlindungan kepada Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS), termasuk memulangkannya ke Indonesia.

Menurutnya hal itu dikarenakan HRS adalah Warga Negara Indonesia (WNI) sehingga pemerintah wajib memberikan perlindungan sesuai dengan amanat undang-undang (UU) No. 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan  kemudian Pasal 28D ayat (1) dan Pasal 28G ayat (1) UUD 1945.

"Konstitusi Indonesia mengamanatkan untuk memberikan dan melindungi hak asasi setiap Warga Negara Indonesia (WNI), siapapun, di manapun, dan kapanpun. Hukum nasional juga telah mengatur tentang perlindungan hukum bagi WNI di luar negeri,” ujar Taufik di dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Jumat (23/8).


Gerindra Siap Tempatkan Kadernya di Pemerintahan dengan Satu Syarat ...

"Pemerintah harus tunduk pada amanat Konstitusi dan perintah Undang-Undang.

Pemerintah harus berupaya untuk memulangkan HRS," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban menilai, berbagai persoalan yang mendera Habib Rizieq syarat akan muatan politik.

Dia berharap dalam upaya rekonsiliasi nasional pasca-Pilpres 2019 yang digaungkan oleh kubu Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, berbagai kasus politik termasuk soal Habib Rizieq menjadi prioritas untuk diselesaikan.

Keren! Tanzania akan Umumkan Daftar Pria yang Sudah...

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma