logo


Huawei Mate X Dipastikan Bawa Chipset Terkencang Kirin 990

Chipset ini sepadan dengan harga yang mereka patok.

23 Agustus 2019 18:28 WIB

Huawei Mate X
Huawei Mate X Tek.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Huawe mengkonfirmasi bahwa smartphone lipat mereka, yakni Mate X akan menggunakan chip terkencang Kirin 990.

Adalah Yanming Wang, president of CEE, Nordic, and Canadian Region Huawei Consumer Business Group yang menyatakan hal tersebut. Menurutnya, Kirin 990 bakal menjadi otak dari ponsel layar lipat Huawei itu.

Wang juga memastikan kalau Mate X akan hadir dalam waktu dekat, meski rumor yang beredar sebelumnya menyebut kalau perilisan Mate X akan mundur dari September menjadi November, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Jumat (23/8/2019).


Gebrakan IPB soal Teknologi Pertanian Cerdas 4.0 Guna Bersaing di Industri Digital

Penggunaan Kirin 990 ini berbeda ketika Mate X pertama diperkenalkan ke publik pada ajang MWC 2019 lalu. Saat itu Mate X menggunakan chip Kirin 980 yang pertama diluncurkan bersamaan dengan lini Mate 20 pada Oktober 2018.

Namun Huawei dalam waktu dekat akan merilis Mate 30 yang menggunakan Kirin 990, maka masuk akal jika mereka mengubah pilihan chip untuk Mate X, mengingat ponsel ini merupakan ponsel tercanggih dan Huawei yang seharusnya menggunakan komponen yang terbaru.

Kirin 990 adalah chip yang dibuat dengan pabrikasi 7nm dan mempunyai konsumsi daya lebih rendah dibanding Kirin 980. Wang juga memastikan kalau chip Kirin 990 ini kompatibel dengan semua jaringan 5G yang ada, namun ia tak menjelaskan frekuensi mana yang akan dipakai.

Chip ini juga dipastikan akan menjadi otak untuk ponsel-ponsel kelas atas Huawei yang dirilis pada 2020 mendatang. Termasuk seri Honor yang merupakan anak usaha Huawei.

Bukan Android Q, Inilah Nama Sistem Operasi Terbaru dari Google

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu