logo


Nikmati Waktu Weekend-mu, Jangan Lupa Main ke Pantai Wohkudu

Tentunya masih banyak sekali kepingan-kepingan surga yang harus kalian kunjungi

23 Agustus 2019 11:17 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 193 x

Mau kemana weekend ini? Kemudian apakah rencanamu untuk kegiatan akhir pekan ini? Sudahkah kamu menemukan destinasi yang ingin kamu kunjungi akhir pekan ini? Jika belum, tak ada salahnya untuk menyimak rangkuman berikut ini.

Di sebelah utara, Kabupaten Gunung Kidul berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo. Bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia, maka dari itu pantai menjadi suguhan utama sektor pariwisata di Gunung Kidul.

Berbicara mengenai objek wisata pantai, daerah ini memang punya segudang pantai keren yang bisa dijadikan lokasi refreshing. Salah satu pantai terbilang masih asri dan belum terjamah wisatawan adalah Pantai Wohkudu atau Pantai Mengkudu.


Bahaya, Hati-hati Saat Mengunjungi 5 Pantai Ini!

Lokasi dan Rute ke Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu, objek wisata alam ini tepatnya berada di Kampung Ngalos, Dukuh Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat Yogyakarta, kamu memerlukan waktu sekitar dua jam berkendara untuk tiba di pantai ini.

ilustrasi

Untuk lokasi tepatnya, Pantai Wohkudu sebenarnya tidak jauh dari Pantai Kesirat dan Pantai Celengtibo. Hanya berjarak kurang lebih 200 meter ke arah timur dari Pantai Kesirat. Objek wisata alam ini sering terlewatkan oleh wisatawan, Sangat disayangkan karena letaknya yang cukup tersembunyi serta jalan yang dilalui cukup terjal.

Pesona Pantai Wohkudu

Pantai yang diapit bukit karang yang cukup tinggi ini tergolong kecil, mungkin hanya punya lebar bibir pantai 100 meter. Bisa dibilang, Pantai Wohkudu merupakan golongan pantai terkecil dalam daftar wisata pantai di Gunung Kidul.

Meski begitu, namun masih banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang masih alami. Jika kondisi pantai sedang surut, akan terlihat dasar laut berupa karang memanjang lebih dari 50 meter. Di celah-celah karang tersebut, terkadang tampak beberapa ikan kecil dan hewan laut lainnya.

ilustrasi

Pantai Wohkudu sendiri merupakan area yang sering dijadikan lokasi memancing. Biasanya, para pengujung membawa alat pancing pribadi karena di sana dikatakan sebagai surganya lobster. Sementara, bagi mereka yang hobi berkemah, Pantai Wohkudu adalah tempat yang cocok untuk mendirikan tenda, kemudian menyalakan api unggun dan menikmati malam bersama teman.

Harga Tiket Pantai Wohkudu

Karena masih belum dikelola secara profesional, maka harga tiket masuk ke Pantai Wohkudu sangat terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Selain itu, wisatawan juga dikenakan tiket masuk dengan nominal sama seperti biaya retribusi parkir.

Pantai Wohkudu merupakan satu kepingan surga yang berada di Indonesia. Tentunya masih banyak sekali kepingan-kepingan surga yang harus kalian kunjungi, dan tentu jaga harus dilestarikan bersama sama. Karena bagi kita, saat ini tempat ini merupakan hal yang sangat indah, namun kita tidak tahu, bisa saja bagi anak cucu kita tempat ini merupakan tempat yang tak diharapkan keberadaannya.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Berwisata di Pantai Pangandaran, Suharno: Pesonanya Tak Kalah dengan LN

Halaman: 
Admin : Vicky Anggriawan