logo


Meski Diuntungkan, Salah Tetap Tidak Setuju Penggunaan VAR

Penggunaan VAR di Liga Inggris menuai pro kontra.

22 Agustus 2019 21:40 WIB

Mohamed Salah
Mohamed Salah Reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) telah digunakan sejak beberapa tahun belakangan. Adanya teknologi ini mengundang pro-kontra sejak pertama kali dirilis.

Mohamed Salah adalah salah satu pemain yang tidak setuju mengenai penggunaan VAR meski hal tersebut bakal menguntungkan dengan mendatangkan banyak penalti bagi pemain Liverpool itu.

Salah mengaku lebih menyukai sepak bola tanpa VAR kendati ada maksud baik di balik penggunaan alat tambahan untuk wasit tersebut, seperti menjaga pemain dan memegang prinsip fair play.


Persaingan Dua Raksasa, Huawei Alami Kenaikan, Xiaomi Justru Terpeleset

Pemain asal Mesir itu menilai VAR menghilangkan elemen natural dalam sepak bola sehingga mengurangi daya tarik olahraga populer tersebut.

"Saya tidak suka, itu jawaban saya, selalu. Saya tidak suka. Saya suka sepak bola apa adany. Saya menerima sepak bola dengan kesalahan yang dibuat wasit, dengan permainan keras," ujar Salah.

"Tidak apa-apa jika harus melindungi pemain dari permainan yang berbahaya. Tapi itu saja, menurut saya, itulah satu-satunya alasan, hanya untuk melindungi pemain," sambungnya.

Salah hanya menjawab singkat ketika ditanya mengenai efek nyata VAR yang diterapkan untuk kali pertama di Liga Inggris, "Lebih banyak penalti untuk saya, Anda akan melihat itu."

Penggunaan VAR di Liga Inggris menuai perdebatan pada pekan pertama dan kedua. Dari 20 laga yang berlangsung dalam dua pekan, terdapat 130 inisden yang melibatkan VAR dan lima di antaranya menghasilkan perubahan keputusan wasit.

Rilis Bulan Depan, Ini Bocoran dari Nokia 7.2

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu