logo


Pertanian Kena Dampak Revolusi Industri 4.0, Ini Tantangan yang Dihadapi

Salah satu sektor penting yang akan terkena dampak dari revolusi industri 4.0 adalah sektor pertanian

22 Agustus 2019 20:52 WIB

Dosen tetap Universitas Gunadarma, Dr. Sigit Widianto, Msc
Dosen tetap Universitas Gunadarma, Dr. Sigit Widianto, Msc Jitunews/Khairul Anwar

Sigit mengatakan ada beberapa kebutuhan pertanian 4.0 terkait industri 4.0. Dimana dalam hal ini ditopang oleh cyber physical system, internet of things, smart data dan product lifecycle management.

“Bagaimana satu product itu dari mulai akan diproduksi sampai mulai dikonsumsi. Didalamnya itu ada hal-hal yang harus dipenuhi oleh industri 4.0 untuk mendukung pertanian 4.0 seperti pemprosesan sejumlah data besar (big data), intelligent planning dan scheduling process, akses yang fleksibel, mengamankan aliran data koantinu, konstruksi modular dan user friendly,” jelasnya

Pada kesempatan ini, Sigit juga menyinggung Internet of Things (IoT), sebuah kombinasi sensor dan perangkat kecil yang tertanam (device embedded) dalam objek fisik dan dihubungkan melalui jaringan kabel dan nirkabel yang menghasilkan volume data yang sangat besar.


Pengamat Sebut Sinkronisasi Penerapan Teknologi Pertanian Butuh Waktu 15 Tahun

Dia mengatakan bahwa Iot ini banyak digunakan medical and health care system, instructure management, environmental monitoring, energy management, transportation management, home and building automation, manufacturing management dan large science development.

“IoT itu terdepan dalam mendapatkan informasi atau data, data itu dikumpulkan dalam big data kemudian diolah dan dipelajari,” tuturnya.

Dalam hal ini, Kominfo disebutnya sangat berperan dalam perkembangan pertanian 4.0. “Bagaimana data bisa di-share satu sama lain maka itu harus ada aturan yang jelas dalam artian bukan aturan karet,” tuturnya.

“Selain itu, peran pemerintah meliputi regulasi penggunaan teknologi informasi, membangun dengan penyedia jasa yang bertaraf internasional, penyediaan open data dan menumbuhkan starup di bidang smart farming,” pungkasnya.

Terungkap! Orang Baduy Tak Pernah Krisis Pangan Karena Ini!

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata