logo


Soal Akses Internet Papua Dimatikan, Jokowi Angkat Bicara

Akhirnya presiden menjelaskan soal keputusan pemerintah memblokir penuh akses internet di Papua dan Papua Barat.

22 Agustus 2019 18:02 WIB

Joko Widodo dan Iriana Jokowi
Joko Widodo dan Iriana Jokowi Twitter

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menjelaskan soal keputusan pemerintah memblokir penuh akses internet di Papua dan Papua Barat. Pemblokiran ini dilakukan sejak Rabu (21/8).

"Blokir internet di Papua dan Papua Barat] itu untuk kepentingan, kebaikan kita bersama," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan untuk memblokir internet di Papua dan dan Papua Barat untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di tanah Papua.


Reaksi Gibran Saat Jokowi Didoakan Meninggal, Netizen Aja Bilang, "Sabarnya Bagi ke Saya Mas"

Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu mengatakan pemblokiran dilakukan setelah Kominfo berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi, mulai Rabu (21/8) hingga suasana Tanah Papua kembali kondusif dan normal," ujarnya dalam keterangan resmi yang dilansir dari CNBC Indonesia.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu pemblokiran dilakukan bertahap sejak pagi pukul 08:00 WIT.

"(Sejak pukul) 08.00 WIT pagi, tapi secara bertahap," ungkap Ferdinandus Setu, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (22/8/2019).

Saat itu Kemenkominfo berhasil mengidentifikasi dua hoaks. Pertama hoaks foto warga Papua tewas dipukul aparat di Surabaya dan kedua hoaks yang menyebutkan bahwa Polres Surabaya menculik 2 orang pengantar makanan untuk mahasiswa Papua.

Sebelumnya, Kemenkominfo melakukan pemblokiran data akses data di tanah Papua pada Rabu (21/8). lni dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Pemblokiran dilakukan setelah Kominfo berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait.

Pernah Setara dengan Korea Selatan dan Singapura, Kenapa Ekonomi Indonesia Terseok-seok?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu