logo


Suanggi Hantu Daerah Timur yang Membawa Petaka

Simak mitosnya...

22 Agustus 2019 15:29 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 883 x

Cerita hantu yang cukup terkenal di Indonesia bagian timur, Suanggi merupakan sebutan untuk sebuah ilmu hitam bagi orang yang menekuninya. Suanggi sangat ditakuti masyarakat, karena banyak digunakan untuk membunuh orang, terutama yang tak disukai. Keberadaan Suanggi pun menjadi ancaman bagi masyarakat setempat, dan cukup membuat resah.

Kebanyakan warga percaya jika mereka membicarakan Suanggi maka dia akan muncul dan membunuh orang tersebut, karena itulah topik pembicaraan mengenai Suanggi menjadi salah satu larangan bagi masyarakat setempat. Tak sedikit dari warga setempat khususnya yang tinggal di daerah pedalaman papua yang takut keluar rumah jika malam sudah tiba. Rasa takut terhadap suanggi lah yang menjadi sebab mereka membatasi kegiatan pada malam hari.

Hal lain yang membuat masyarakat setempat begitu takut terhadap sosok Suanggi bukan karena wujudnya, melainkan apa yang dilakukan oleh hantu suanggi tersebut. Konon, Suanggi bisa diminta untuk melakukan sesuatu yang jahat, seperti membunuh orang atau sekadar membuat orang tersebut sakit. cara Suanggi membunuh pun berbeda-beda. Konon, Suanggi bisa memakan daging manusia dari jarak jauh, sehingga orang tersebut lama-kelamaan akan mati karena sakit.


Hobi Mancing? Kamu Wajib Tahu, Inilah Umpan Terbaik untuk Ikan Nila

Selain itu, cara lain jika Suanggi ingin membunuh seseorang, hanya dengan menggunakan mantra atau berubah menjadi bayangan ke rumah korban. Biasanya, dalam beberapa hari kemudian korban menjadi sakit dikarenakan hal yang tak wajar. Pendekatan lewat medis pun tak mampu mendeteksinya. Kemudian Suanggi akan memakan mayat si korban untuk menambah ilmu hitamnya.

ilustrasi

Ciri-ciri Suanggi memang sulit dilihat secara kasat mata. Ada yang mengatakan jika tercium aroma binatang kuskus, maka Suanggi ada di sekitar kita. Wujud yang paling sering nampak dari sosok Suanggi adalah berwujud seperti bola api yang melayang-layang di udara.

Cerita tentang Suanggi tidak hanya ada di Papua saja, terdapat beberapa versi dari daerah lain seperti di Maluku dan Nusa Tenggara timur.

Di Nusa Tenggara Timur. cerita Suanggi yang paling fenomenal di masyarakat adalah tentang seorang nenek yang menyimpan banyak sekali kedengkian dalam hatinya. Konon, kedengkian tersebut berlaku pada semua orang yang juga masyarakat sekitar. Karena rasa dengki tersebut, sang nenek kemudian pergi ke hutan untuk menyembah kepada pohon besar di hutan tersebut, ia melakukannya selama 40 hari.

ilustrasi

Suatu hari, sang nenek akhirnya mendengar suatu bisikan yang menyuruhnya pulang dan mulai mempraktekkan ilmu sihir yang diberikan. Namun, setelah ilmu sihir itu dipraktekkan, nenek tersebut justru mati. Masyarakat sekitar yang menemukan jasadnya menamakannya dengan suanggi. Konon katanya, arwah nenek tersebut bergentayangan mencari korban.

menurut versi lain dari Maluku, tepatnya di daerah Tobelo, Kabupaten di Kepulauan Halmahera juga diceritakan tentang wujud Suanggi yang seperti wanita cantik. Suanggi akan mengganggu para pria hidung belang, Ia akan menggoda pria tersebut sehingga pria itu ingin melakukan hubungan seks.

Setelah itu, barulah Suanggi beraksi dengan menyerang dan memakan alat kelamin si pria hidung belang dengan membabi buta. Mitos tersebut merebak dan mencuat ke masyarakat hingga masyarakat tak berani keluar rumah untuk menghindari hantu Suanggi.

Pada dasarnya Ilmu Suanggi sangat berbahaya, menurut kepercayaannya jika manusia yang mendalami ilmu tersebut tidak melaksanakan salah satu syarat yang diajukan, bisa berakibat buruk yang sangat fatal akan menimpa pemiliknya.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Alami Tanda-tanda Mistis Ini? Bisa Jadi Kuntilanak Sedang Ada di Sebelahmu

Halaman: 
Admin : Gun-Gun