logo


Setelah Aquascape, Kini Saatnya Berkenalan dengan Hardscape

Kunci utama membuat hardscape sama seperti aquascape, sepenuhnya bergantung pada imajinasi

10 Maret 2015 16:24 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat ini banyak lomba desain hardscape di banyak negara yang bertujuan untuk memastikan aquascaper yang bisa membuat design akuarium yang paling mengesankan. Untuk memulai hardscape sangat mudah, bahkan tak diperlukan bakat seorang seniman untuk membuat ini.

Hardscape adalah cara mengatur tata letak akuarium dengan modal kerikil, batu, akar pohon serta dekorasi lainnnya yang tidak mengandung unsur tanaman. Kunci utama membuat hardscape sama seperti aquascape, sepenuhnya bergantung pada imajinasi.

Berikut adalah langkah menyusun sebuah hardscape akuarium:


Isi Masa Transisi Peralihan Cantrang, KKP Lakukan Hal Ini

  • Siapkan potongan-potongan yang pas dari kayu, batu, serta elemen dekoratif yang lain yang hendak dipakai dalam hardscape. Bila memilih batu-batu berat, gunakan polystyrene dibagian bawah untuk melindungi kaca.
  • Berikan substrat ± 1 cm di lokasi tanaman dengan akar yang kuat bakal ditanam. Anda pun dapat menggunakan substrat yang biasa dipakai untuk aquascape seperti pasir atau kerikil.
  • Buat posisi ke atas lereng ke arah dinding belakang akuarium. Karena hal tersebut akan memberikan kesan kedalaman serta perspektif dalam akuarium.
  • Letakkan batu, akar pohon serta tiap-tiap hiasan lain yang Anda sukai. Tak ada aturan dalam peletakannya, semua bergantung imajinasi Anda, namun tetap pertimbangkan perspektif dan tata letak. (berbagai sumber)

KKP Klaim Realisasi Kinerja Pembangunan Perikanan Budidaya Triwulan I Tahun 2017 Berjalan Positif

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana