logo


KKP Kembangkan Seleksi Breeding untuk Perbaikan Performa Udang Jerbung

Program ini menghasilkan induk unggul jerbung dengan status Specific Pathogen Free (SPF)

21 Agustus 2019 15:16 WIB

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto bersama penerima penghargaan.
Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto bersama penerima penghargaan. Dok. KKP

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Keberhasilan produksi benih secara massal melalui domestikasi di tambak menjadi modal utama dalam pengembangan udang jerbung di Indonesia. Upaya produksi benih udang jerbung dengan mengadopsi teknologi produksi udang windu dan program pemuliaan buatan hingga saat ini telah berhasil meningkatkan kelulushidupannya hingga 40%.

Ialah Abidin Nur, Perekayasa Madya dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP, yang berhasil mengembangkan program pemuliaan buatan (seleksi breeding) untuk penyediaan stok benih udang jerbung bermutu bagi masyarakat pembudidaya di Indonesia. Program ini menghasilkan induk unggul jerbung dengan status Specific Pathogen Free (SPF), pertumbuhan cepat dan lebih tahan terhadap perubahan lingkungan, sehingga dapat mengurangi ketergantungan induk hasil tangkapan di alam serta mengurangi resiko penyakit.

Atas jasanya ini, Abidin mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan saat perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, tanggal 17 Agustus 2019 yang lalu.


Indonesia Jadi Rujukan Dunia Sistem Minapadi

Saat dimintai tanggapannya tentang hal itu di Jakarta, Rabu (21/8), Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menyampaikan apresiasinya. “Saya bangga atas pencapaian ini, sehingga udang jerbung dapat dijadikan komoditas alternatif bagi pembudidaya ikan karena secara teknis dan ekonomi lebih menguntungkan. Selain itu untuk mengoptimalkan spesies lokal,” ujar Slamet.

“Pemuliaan buatan ini dilakukan karena tuntutan pembudidaya untuk memelihara udang dengan kepadatan tinggi dan pertumbuhan cepat serta mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan juga semakin diperlukan, sehingga menjadi tantangan di masa mendatang,” tambah Slamet.

KKP Restocking Benih Kakap Putih dan Clownfish di Perairan Anambas

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan