logo


Jadi Underpass Terpanjang, Kementerian PUPR Percepat Penyelesaian Underpass NYIA

Simak berita selengkapnya

21 Agustus 2019 09:49 WIB

Pembangunan underpass NYIA
Pembangunan underpass NYIA ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penyelesaian pembangunan underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA), Kulonprogo, D.I.Yogyakarta. Agustus 2019 ini, proses pembangunan telah mencapai 74,3 persen di mana telah melebihi target yang telah direncanakan, yakni 63,9 persen.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan dengan mempercepat penyelesaian underpass terpanjang ini agar akses Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa antara Purwokerto dan Yogyakarta tetap terbuka. Pasalnya, pembangunan NYIA sempat memotong jalan Pansela lama.

Baca Juga: Bangun PLTSa, Kementerian PUPR Lakukan Revitalisasi TPA Sarbagita Suwung


Kementerian PUPR Perluas Daerah Irigasi Lakitan Sumsel

Akui Ikut Kepung Asrama Mahasiswa Papua Karena Diajak, Netizen ke FPI, "Gak Perlu Cari Kambing Hitam"

"Underpass ini merupakan underpass terpanjang, bagian dari Jalan Nasional Pansela Jawa. Dalam pembangunannya, faktor keamanan harus betul-betul diperhatikan," terang Basuki beberapa waktu lalu.

Jalan bawah tanah ini memiliki panjang keseluruhan 1,3 kilometer yang terbagi menjadi dua, yakni terowongan dan jalan pendekat. Panjang terowongan underpass ini 1.095 meter dan jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

Hebatnya, underpass ini dilengkapi juga dengan rumah pompa untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat turun hujan. Pembangunan jalan bawah tanah ini juga tidak meninggalkan ciri khas dari Yogyakarta, ornamen motif batik akan menghiasi underpass ini.

Suyono Sosrodarsono Wafat di Hari Kemerdekaan, Kemen PUPR Kehilangan Sosok Teladan

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata