logo


Keren! Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa Masuk 10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia!

Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang memiliki penutur terbanyak.

21 Agustus 2019 07:45 WIB

Joko Widodo dan Iriana Jokowi
Joko Widodo dan Iriana Jokowi Twitter

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bahasa Indonesia ternyata bukanlah bahasa biasa. Pasalnya, bahasa satu ini ternyata adalah salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

Bagaimana urutan lengkapnya bahasa dengan penutur terbanyak? Yuk simak di bawah ini Kawan Jitu!

1. Bahasa Mandarin - Seperti dilansir fluentin3months.com, bahasa Mandarin Chinese adalah bahasa dengan penutur terbanyak kurang lebih 1,1 miliar orang. Hal ini dikarenakan penduduk China sendiri yang sangat besar dan keturunan China tersebar di seluruh penjuru dunia dan masih menggunakan bahasa ini.


Sempat "Garang" di Era Hitler, Berikut Kekuatan Militer Jerman Saat Ini!

2. Bahasa Inggris - Sebagai bahasa internasional, Bahasa Inggris justru berada di peringkat ke-2 dengan 983 juta pengguna yang tersebar di semua benua.

3. Bahasa Hindustani - Bahasa Hindustani ini mencakup Bahasa India dan Urdu. Totalnya 540 juta penutur.

4. Bahasa Spanyol / Spanish - Sebagai bangsa petualang, bahasa Spanyol banyak dipakai di berbagai belahan dunia. Pengguna bahasa ini mencapai 527 juta orang.

5. Bahasa Arab / Arabic - Sudah tidak diragukan lagi jika bahasa Arab menjadi salah satu bahasa terbesar di dunia. Pengguna bahasa ini tersebar mulai dari Afrika Utara, Timur Tengah, hingga Asia Tenggara dengan jumlah 420 juta pengguna.

6. Bahasa Indonesia - Nah, di sini Bahasa Indonesia juga termasuk Bahasa Melayu yang dipakai di Asia Tenggara terutama Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Totalnya mencapai lebih dari 300 juta orang.

7. Bahasa Rusia - Meski hanya digunakan di Rusia dan sekitarnya, pengguna bahasa ini cukup banyak hingga 270 juta pengguna.

8. Bengali - Bengali adalah bahasa kedua terbanyak di India dan sekitarnya. Bengali juga merupakan bahasa resmi negara Bangladesh dengan jumlah penutur 260 juta.

9. Bahasa Portugis dan Prancis - Bahasa Portugis dan Prancis juga tersebar di seluruh dunia. Diperkirakan jumlah pengguna bahasa ini masing-masing 230 juta orang.

10. Bahasa Jawa - Bahasa Jawa ternyata memiliki penutur cukup banyak dan tersebar tak hanya di Indonesia tapi seluruh dunia. Hal ini diketahui karena banyak orang Jawa yang bekerja di luar negeri menjadi TKI.

Bahasa Jawa pun masih digunakan di Suriname. Total penggunanya mencapai 200 juta orang.

Hot! Berikut Perbandingan Militer AS-Rusia di Darat, Laut, dan Udara!

Halaman: 
Penulis : De Sukmono