logo


Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM: Ada 5 Unsur untuk Tingkatkan Kualitas Koperasi di Lampung

Berikut ulasannya

20 Agustus 2019 20:15 WIB

Kegiatan penyuluhan perkoperasian
Kegiatan penyuluhan perkoperasian Doc Jitunews

LAMPUNG, JITUNEWS.COM - Koperasi sebagai organisasi yang berbasiskan anggota merupakan modal sosial yang potensial bagi pelaku usaha untuk berkembang. Lewat koperasi, maka apa yang tidak dapat dilakukan oleh pelaku usaha perorangan dapat dipenuhi oleh koperasi.

Asisten Deputi Penyuluhan pada Deputi Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Bagus Rachman mengatakan melalui koperasi sektor riil dapat ditumbuhkembangkan sebagai wadah bagi anggotanya untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Kebutuhan tersebut mulai dari suplai bahan baku, proses produksi dan pengolahan, pemasaran sampai pada pengiriman produk.


Kemenkop dan UKM Mendapat Penilaian Terbaik dari KPPN

"Organisasi koperasi berbeda dengan badan usaha lainnya. Ciri khas koperasi adalah menempatkan Rapat Anggota sebagai kekuasaan tertinggi sehingga orientasi bisnis koperasi adalah untuk meningkatkan promosi ekonomi anggota. Semakin dirasakannya manfaat bagi anggota dengan berkoperasi, maka militansi anggota akan semakin meningkat. Ini akan menarik masyarakat dapat bergabung ke dalam koperasi," kata Bagus pada kegiatan Penyuluhan Perkoperasian Kepada Kelompok Usaha Bersama di Lampung, Minggu, (18/8).

Kegiatan yang diikuti pelaku UMKM di Lampung ini untuk menginformasikan pentingnya berkoperasi, sekaligus membahas kualitas produk yang dibawa oleh para peserta untuk dikurasi. Dilakukan juga sharing pengalaman pelaku koperasi di Provinsi Lampung yang sudah melakukan ekspor.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu menyampaikan informasi perkembangan koperasi di Provinsi Lampung.

Dikatakannya ada 5 (lima) unsur untuk peningkatan kualitas koperasi, yaitu terkait dengan Sumber Daya Manusia Koperasi, Akses Terhadap Pembiayaan, Kualitas Kelembagaan Koperasi, Akses Pemasaran Produk Koperasi dan Adaptasi Terhadap Teknologi Digital.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kementerian Koperasi dan UKM: Pelaku UMKM Harus Bisa Manfaatkan Platform e-Commerce

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma