logo


Keren! Kemenko PMK Akan Canangkan Gerakan Selasa Berkebaya

Kegiatan 'Selasa berkebaya' terinspirasi dari Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia

20 Agustus 2019 16:40 WIB

Kemenko PMK
Kemenko PMK Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mencanangkan gerakan “Kemenko PMK Berkebaya” sejak Selasa, 6 Agustus 2019. Dengan demikian seluruh karyawan perempuan ke kantor dengan mengenakan kebaya, khususnya setiap hari Selasa.

“Kami terinspirasi oleh gerakan Selasa Berkebaya yang digagas oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia. Sebagai busana warisan leluhur yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi, kita memang patut melestarikannya bersama-sama,” kata Seskemenko PMK YB Satya Sananugraha.

Menurutnya, sejarah Indonesia melekat pada busana yang sudah dipakai perempuan Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu ini, dan merekam perjalanan budaya di berbagai daerah sampai sekarang.


Buka ODM Undip 2019, Menko PMK Ingatkan Mahasiswa Tak Lupakan Jatidiri Indonesia

“Maka selayaknya kita hargai dan kita jaga kelestariannya. Kalau bukan kita, siapa lagi?” ujar Sesmenko PMK.

Sampai saat, sebutnya, ini memang belum ada ketetapan kebaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Namun pemerintah sudah mengidentifikasi busana yang dipakai perempuan di hampir semua daerah ini sebagai budaya berbusana yang muncul di Indonesia dan diwariskan secara turun temurun.

Kemenko PMK  Berkebaya didasarkan pada Himbauan Sekretaris Kemenko PMK yang dikeluarkan tanggal 27 Juli 2019. Dalam pesan yang disampaikan Kepala Biro Umum tersebut, para karyawan perempuan dihimbau untuk melestarikan budaya adi luhung dan agung yang dimiliki Indonesia, yakni kebaya. Pemakaiannya dapat dipadu-padankan dengan kain, sarung atau celana panjang, yang penting rapi dan sopan.

Sederhanakan Pelaporan Keuangan Desa, Kemenko PMK Luncurkan Interkoneksi OMSPAN-Siskeudes

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma