logo


Mensos Resmi Tutup Seleksi 5 Pilar Sosial Teladan 2019

Mensos mengucapkan selamat kepada para peserta Pemilihan Pilar-Pilar Sosial Teladan 2019

20 Agustus 2019 09:26 WIB

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita Dok. Kemensos

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Senin (19/8), bertempat di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial, kegiatan Pemilihan Pilar-Pilar Sosial Teladan 2019 secara resmi ditutup oleh Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Lima pilar tersebut terdiri dari Pilar Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Pilar Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pilar Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Pilar Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan terakhir Pilar Karang Taruna.

Dalam pidatonya, Mensos mengucapkan selamat kepada para peserta Pemilihan Pilar-Pilar Sosial Teladan 2019. “Saya ingin menyampaikan selamat bagi yang menerima penghargaan. Dan tentu bagi teman-teman di luar sana yang belum menerima penghargaan, bukan berarti mereka bukan teladan. Mereka tetap menjadi teladan bagi kita, khususnya bagi masyarakat yang dilayaninya,” kata Mensos.


Temui Agus Gumiwang, Mensos Turki Ingin Pelajari Program Keluarga Harapan

Pada kesempatan itu, Mensos juga meminta untuk tetap bersinergi, berkolaborasi, berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan.

"Seberat apapun masalah yang kita hadapi apabila kita menghadapinya secara bersama-sama, masalah itu kita dapat selesaikan dengan baik. Selamat kembali ke daerah masing-masing dan selamat bekerja,” ucap Mensos.

Sementara itu, menurut Data Badan Pusat Statistik pada bulan Maret 2019 menunjukkan bahwa angka kemiskinan turun menjadi 9,41 persen, dari semula 9,84 persen pada bulan September 2018. Sementara di periode yang sama, Gini Ratio juga mengalami penurunan 0,002 poin dari 0,384 menjadi 0,382.

Usaha pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan merupakan upaya yang luar biasa berat dan tidak mudah, rencananya pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan mencapai 9.0 persen dan gini rasio 0,375 pada akhir 2020.

Delegasi Singapura Kagumi Sistem Pembangunan Kesos yang Digagas Kemensos

Halaman: 
Penulis : Denys, Vicky Anggriawan