logo


Gila! Gabungan Pesawat Fighter/Interceptor Rusia dan China Kalah dari Negara Satu Ini!

Negara manakah itu?

19 Agustus 2019 17:07 WIB

Pesawat tempur Sukhoi TNI AU melakukan atraksi dalam upacara HUT Ke-70 TNI AU di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (9/4).
Pesawat tempur Sukhoi TNI AU melakukan atraksi dalam upacara HUT Ke-70 TNI AU di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (9/4). Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jumlah pesawat tempur militer sebuah negara sangat menentukan kekuatan angkatan udara negara tersebut.

Namun jumlah pesawat bukanlah satu-satunya penentu kekuatan angkatan udara. Dari beberapa jenis pesawat, tipe fighter/interceptor lah yang selama ini dipercaya sebagai penentu kemenangan pertempuran di langit. Mengapa?

Berbeda dari pesawat pengebom atau penyerbu yang didesain menyerang laut dan darat, tipe fighter/interceptor didesain khusus untuk melumpuhkan pesawat lain di udara hingga menghancurkan roket berkecepatan tinggi.


Dulu Merajai Dunia, Berikut Kekuatan Militer Inggris Saat Ini!

Bentuk pesawat satu ini pun umumnya lebih ramping dan kecil serta jauh lebih cepat. Manuver fighter/interceptor juga lebih lincah dan mampu meliuk-liuk di udara dengan lebih bebas. Oleh karena itu, China dan Rusia mempunyai banyak pesawat tipe ini.

Namun sayang, jumlah pesawat dua negara ini masih kalah dengan jumlah pesawat fighter/interceptor negara satu ini. Negara manakah itu? Jawabannya adalah AS.

Berikut jumlah pesawat fighter/interceptor tiga negara tersebut.

1. AS: 2,362

2. China: 1,222

3. Rusia: 869

Wah, pesawat AS banyak banget ya Kawan Jitu!

Wow! Turki adalah Negara Mayoritas Muslim dengan Militer Terkuat di Dunia! Lihat...

Halaman: 
Penulis : De Sukmono