logo


Mengungkap Mitos Misteri Danau Terbesar di Indonesia dan se Asia Tenggara(Danau Toba)

Simak mitosnya...

19 Agustus 2019 13:32 WIB

Danau Toba
Danau Toba
dibaca 2761 x

Danau Toba merupakan Danau Terbesar di Indonesia dan se Asia Tenggara dengan panjang 100 km, lebar 30 km ,dan kedalaman 1600 m(5200 kaki). Danau ini terletak di Pulau Samosir Sumatera Utara dan terbentuk oleh letusan supervolcano sekitar 73.000 - 75.000 tahun lalu, Tao Silalahi atau biasa disebut Danau Toba menyimpan banyak Misteri dan Mitos.

Berikut beberapa Mitos dan Misteri Danau Toba:


1.)Mitos adanya Ikan Mas Besar


Bahaya yang Dapat Terjadi Jika Makan Terlalu Cepat

Masyarakat sekitar daerah Toba ini mempercayai adanya Tiga ekor Ikan Mas besar penunggu Danau Toba dengan warna khas Batak yaitu merah,hitam,dan putih. Menurut warga dan para nelayan sekitar kehadiran Ikan Mas ini sering kali menggangu nelayan dan kerap kali nampak di permukaan dengan ukuran 5-10 meter.


2.)Mitos mengucapkan Santabi Oppung

Konon,Mengucapkan  Santabi Oppung atau permisi dalam bahasa Medan dipercaya menghindari gangguan2 gaib di sekitar Danau Toba, pernah suatu kali pengunjung Danau Toba mengalami mesin yang tiba2 mati padahal mobil tersebut dalam kondisi prima dan setelah mengucapkan salam tersebut mesin tiba2 menyala, namun banyak yang menduga juga bahwa hal ini hanyalah kebetulan.

3.)Misteri Suara Tangisan Menyeramkan

Menurut cerita dari beberapa pengunjung Danau Toba yang mengalami gangguan gaib menyebutkan bahwa di beberapa sudut Toba sering kali terdengar suara tangisan kesedihan yang konon merupakan korban orang-orang hilang karena tenggelam di sana.

4.)Misteri Penampakan Wanita Misterius

Pernah suatu ketika sekelompok mahasiswa USU menghabiskan waktu dengan berfoto bersama di tepi danau sampai waktu hampir magrib. saat mereka melihat hasil foto yang telah dicetak mereka terkejut dengan penampakan sesosok wanita berambut panjang menutup wajah wanita tersebut.

5.)Mitos adanya Naga

Mitos adanya Naga ini banyak di percayai oleh masyarakat dan telah banyak masyarakat yang melihat penampakan Naga ini. Beberapa Nelayan saat sedang menjala ikan mereka mendapati sesosok besar dan bersisik seperti ular yang besar mendekati permukaan Danau Toba, Naga ini sering menampakan dirinya dan membuat takut nelayan sekitar Danau Toba.

Ditulis oleh: Xaviar

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Dibalik Nuansa Mistis Lagu Lingsir Wengi

Halaman: 
Admin : Gun-Gun