logo


Tak Banyak yang Tahu, Ini Dibalik Nuansa Mistis Lagu Lingsir Wengi

Penasaran?

19 Agustus 2019 14:00 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 12696 x

Siapa yang tak mengenal lagu Lingsir Wengi? Lagu yang bernuansa mistis ini sering dianggap sebagai lagu pemanggil kuntilanak. Namun, benarkah Lingsir Wengi merupakan lagu yang dapat mengundang kehadiran makhluk astral?

Di balik mitos-mitos dan nuansa horor seputar Lingsir Wengi ternyata menyimpan beberapa fakta dibaliknya. Mungkin juga setelah membaca fakta-fakta berikut ini, rasa seram dan takut terhadap lagu ini dapat mereda.

Baca Juga: Melancong ke Cirebon? Jangan Lupa Kunjungi Obyek Wisata Ciwaringin


Inilah Beberapa Mitos dan Mistis di Gunung Tertinggi Ke 2 Indonesia(Mt.Slamet)..

1. Ciptaan Sunan Kalijaga

Seorang tokoh Walisongo ini aktif menyebarkan agama Islam melalui tradisi dan budaya Jawa. Beliau selalu menggunakan kesenian untuk menyebarkan dakwahnya. Salah satu kidung yang ia ciptakan untuk keperluan dakwah adalah Lingsir Wengi.

ilustrasi

Isi lagu Lingsir Wengi yang sesungguhnya tidak bermakna untuk memanggil makhluk gaib, melainkan berisi doa-doa yang dipanjatkan kepada Tuhan. Pada masa penyebaran ajaran Islam yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga, beliau memang terbiasa menggunakan nyanyian, gamelan, wayang, dan ukiran sebagai sarana dakwahnya.

2. Lagu Gending Jawa

Lingsir Wengi diciptakan menggunakan pakem gending Jawa, yakni Macapat yang terdiri dari 11 pakem yang salah satunya adalah Pakem Durma. Lagu-lagu Jawa lain yang menggunakan Pakem Durma harus mencerminkan suasana suram, keras, sangar, dan sedih.

ilustrasi

Nah, kalau kamu merasakan nuansa menyayat hati, pilu, dan menyentuh perasaan ketika mendengar Lingsir Wengi, itu bukan semata-mata ada makhluk halus di sekitarmu. Lagu ini memang dilantunkan dengan tempo yang lembut hingga menyentuh perasaan dan menyayat hati.

Bukan Karena Kekenyangan, Sering Tidur Siang Bisa Jadi Tanda Penyakit....

3.  Untuk Menolak Bala

Berbanding terbalik dengan mitos yang beredar, fakta sesungguhnya mengenai Lingsir Wengi adalah lagu ini dipakai untuk menolak bala. Ya, Sunan Kalijaga kerap kali melantunkan lagu ini usai menunaikan sholat malam. Lagu ini beliau lantunkan untuk menolak bala atau mencegah gangguan dari makhluk halus.

Sejak diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga pada masyarakat di Pulau Jawa, akhirnya Lingsir Wengi sering dijadikan kidung oleh para ibu yang sedang menidurkan anak-anaknya. Ritme dan tempo lagu ini memang cocok dijadikan lagu pengantar tidur.

Meski Baik untuk Diet dan Hipertensi, Ada 5 Bahaya Tersembunyi dari Bawang Putih

4.  Lirik Lingsir Wengi

Lingsir Wengi yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Lirik dan makna lagu Lingsir Wengi yang benar-benar original sama sekali tidak mengandung kata-kata yang bisa mengundang kehadiran makhluk halus. Nah, biar kamu nggak penasaran, berikut adalah lirik dan makna Lingsir Wengi yang sebenarnya.

Lingsir Wengi

Lingsir wengi

Sepi durung biso nendro

Kagodho mring wewayang

Kang ngreridhu ati

Kawitane

Mung sembrono njur kulino

Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno

Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi

Nandang bronto

Kadung loro

Sambat-sambat sopo

Rino wengi

Sing tak puji ojo lali

Janjine mugo biso tak ugemi

Arti dalam Bahasa Indonesia:

Menjelang Tengah Malam

saat menjelang tengah malam

sepi tidak bisa tidur

tergoda bayanganmu

di dalam hatiku

permulaanya

hanya bercanda kemudian terjadi

tidak mengira akan jadi cinta

kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku

menderita sakit cinta(jatuh cinta)

aku harus mengeluh kepada siapa

siang dan malam

yang saya cinta jangan lupakan ku

janjinya kuharap tak diingkari

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Lintasan Mistis Alas Roban...

Halaman: 
Admin : Nugroho Meidinata