logo


Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Bahaya!

Berikut ulasannya

18 Agustus 2019 18:50 WIB

Cotton Bud
Cotton Bud Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak masyarakat menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga yang kotor dan gatal.

Hal tersebut sudah umum dan lazim dilakukan, bahkan menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun tahukah kamu jika kebiasaan tersebut justru berbahaya bagi telinga?

Dilansir dari laman Health Me Up (18/08), berikut sejumlah bahaya yang muncul dari membersihkan telinga dengan cotton bud.


Padahal Rasanya Enak, Nyatanya Daftar Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker

1. Telinga bisa membersihkan diri sendiri

Tak seperti kebanyakan bagian tubuh, telinga sebenarnya tak butuh terlalu sering dibersihkan. Pasalnya, telinga bisa membersihkan diri sendiri.

Hindari memasukkan benda-benda kecil ke dalam telinga, meski itu dilakukan untuk membersihkannya. Banyak orang yang tidak menggunakan cotton bud, tapi juga banyak benda kecil untuk membersihkan telinga mereka seperti bagian belakan jepit rambut dan lain sebagainya. Semua benda itu bisa merusak telinga.

2. Kotoran telinga sebenarnya menyehatkan

Ketika mengorek telinga menggunakan cotton bud, orang akan merasa senang ketika mendapatkan banyak kotoran telinga yang menempel di sana. Ini karena mereka menganggap bahwa kotoran telinga adalah hal kotor yang harus dikeluarkan dari telinga.

Sejatinya, kotoran telinga merupakan minyak yang melapisi telinga bagian dalam dan melindunginya. Kotoran telinga mengandung zat anti bakteri yang mencegah telinga dalam terkena infeksi dan air bisa keluar dengan lebih mudah.

3. Cotton bud bisa merusak telinga

Setiap kali memasukkan cotton bud ke dalam telinga, kamu tak hanya memasukkan bakteri baru ke dalamnya. Ketika melakukan ini, kamu juga mendorong kotoran telinga masuk ke telinga bagian dalam.

Suka Makan Pakai Tangan? Ini Manfaat yang Kamu Dapat

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma