logo


Suka Makan Pakai Tangan? Ini Manfaat yang Kamu Dapat

Apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

18 Agustus 2019 15:47 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bagi masyarakat Indonesia, makan menggunakan tangan adalah hal yang biasa. Apalagi ketika makan ayam, makan akan terasa lebih mudah dibanding menggunakan sendok.

Tapi tidak semua makanan bisa dimakan dengan tangan ya, misalnya soto atau bakso.

Ternyata makan menggunakan tangan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan loh, apa saja?


Gawat! 5 Makanan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Sebabkan Darah Tinggi Lho!

1. Cegah diabetes

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang menderita diabetes tipe 2 karena makan dengan cepat dan menggunakan alat makan. Makan dengan sendok dan garpu berkolerasi membuat makan lebih cepat.

Hal ini lalu dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko perkembangan diabetes tipe 2.

2. Makan lebih lambat

Makan dengan menggunakan tangan membuat makan menjadi lebih lambat, sehingga proses pencernaan makanan bisa bekerja lebih baik.

Selain itu akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik, ketika tangan menyentuh makanan maka saraf di ujung jari terangsang dan mengirim sinyal ke otak yang memerintahkan tubuh untuk melepaskan cairan pencernaan.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Selanjutnya, makan pakai tangan bisa meningkatkan kemampuan sirkulasi darah dalam tubuh. Sama halnya dengan olahraga, makan pakai tangan kanan atau kiri adalah semacam latihan otot.

4. Meningkatkan rasa kenyang

Penelitian menyatakan bahwa makan menggunakan tangan dapat meningkatkan rasa kenyang dibanding menggunakan alat makan. Selain itu, ketika Anda makan pakai tangan sambil membaca koran atau menonton TV, Anda cenderung tidak cepat lapar dan lebih memilih untuk mengonsumsi camilan.

5. Membangkitkan emosi dan gairah

Makan menggunakan tangan juga bisa meningkatkan gairah dan emosi. Hal ini dikarenakan berkaitan makan pakai tangan memiliki kaitan dengan mudra (posisi tangan) yang merupakan dasar untuk yoga dan meditasi.

Padahal Rasanya Enak, Nyatanya Daftar Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata