logo


75 Persen Polusi Udara di Jakarta Berasal dari Transportasi Darat, Pemda Diminta untuk Segera Tangani

Berikut ulasannya

18 Agustus 2019 15:00 WIB

Ilustrasi Polusi
Ilustrasi Polusi kaskus.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selain banjir dan macet, buruknya kualitas udara di Jakarta juga menjadi sorotan masyarakat.

Data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebutkan, sumber polusi ibu kota terbagi menjadi empat hal, yakni transportasi darat 75 persen, pembangkit listrik dan pemanas 9 persen, pembakaran industri 8 persen, dan pembakaran domestik 8 persen.

Pemerintah daerah (Pemda) Jakarta diminta untuk segera selesaikan masalah tersebut karena mengganggu kenyamanan dan juga kesehatan warga setempat.


Aturan Ganjil Genap Diprotes Warga karena Halangi ke RSCM, Begini Tanggapan Anies

Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Tanpa Timbal, Ahmad Safrudin mengatakan upaya untuk menekan emisi gas buang dari kendaraan sebenarnya sudah ada peraturannya sejak dulu.

"Beberapa tahun sebelumnya sudah adadalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara," jelas dia, seperti yang dikutip dari laman Liputan6 (18/08).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa seharusnya kendaraan-kendaraan tersebut selalu melakukan pemeriksaan emisi setiap 6 bulan sekali.

"Kendaraan bermotor juga wajib menjalani emisi sekurang-kurangnya setiap enam bulan. Sedangkan kendaraan yanglulus uji emisi akan mendapat tanda lulus uji emisi,” paparnya.

Selain Lidah Mertua, Anies Juga Tanam Bunga Bougenville untuk Atasi Polusi

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma