logo


Jokowi Fix Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Fahri Hamzah: "Mending Dipindahkan ke Teluk..."

Berikut ulasannya

16 Agustus 2019 15:13 WIB

Fahri Hamzah
Fahri Hamzah Instagram @fahrihamzah

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wacana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan mendapat tanggapan dari Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah.

Menurutnya, Jakarta terlalu banyak sejarahnya untuk ditinggalkan sebagai ibu kota negara, pasalnya disinilah berbagai peradaban negeri ini dipusatkan.

“Saya ingin pemerintah itu mengerti posisi Jakarta. Jakarta itu dibuat oleh Bung Karno dan didesain sebagi ibu kota. Jadi sebetulnya sulit meninggalkan Jakarta sebagai ibu kota, terlalu bersejarah, legasi dari Bung Karno dan banyak sekali hal-hak yang tidak bisa ditinggalkan dari kota ini,” ujar Fahri di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8).


Sidang Tahunan MPR, Jokowi Puji Partai Koalisi Prabowo, Netizen Bilang, "Tumben Gak Sombong"

Dalam hal ini, Fahri menyarankan agar ibu kota negara dipindahkan bukan ke Kalimantan tapi dipindahkan ke Teluk Jakarta.

“Terus terang, saya lebih cenderung agar ekstensi yang dilakukan dulu oleh Pak Harto ke Jonggol itu sekarang lebih baik dipindahkan ke teluk Jakarta. Supaya kotanya itu merepresentasikan tradisi maritim. Karena itulah Jakarta ini, Sunda Kelapa dan sebagainya itu sebenarnya melambangkan tradisi maritim,” tuturnya.

“Tapi kalau dipindahkan ke pulau besar, nanti tradisi maritimnya hilang. Jadi itu banyak hal dari Jakarta ini yang harus diceritakan dulu untuk diketahui dan harus diomonginn kepada masyarakat. Jakarta ini terlalu bersejarah ditinggalkan,” pungkasnya.

Jokowi Ingin Ganti Jaksa Agung yang Dijabat Oleh NasDem Jadi Non Parpol, Surya Paloh: "Ah Terserah..."

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma